79,8 Miliar Dana Desa Tahap I Siap diCairkan

KOMINFO
Bupati Karanganyar didampingi Wakil Bupati secara simbolis menyerahkan dana desa tahap I pada setiap perwakilan desa di Kabupaten Karanganyar, Jumat (28/4) di Pendopo Rumdin Bupati

Karanganyar, 28 April 2017

Dana desa tahap I (60 persen) Kabupaten Karanganyar  siap dicairkan pada awal bulan ini, sementara pencairan dana desa tahap II (40 persen) pada Juli 2017.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Karanganyar, Juliyatmono pada persiapan pelaksanaan kegiatan dana desa tahap I, Jum’at (28/4/2017) pagi di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Menurut Bupati Karanganyar, Juliyatmono, pencairan dana desa ini diperuntukkan kepada seluruh desa di 16 Kecamatan di wilayah Kabupaten Karanganyar. Sedangkan kalurahan di Kecamatan Karanganyar kota tidak mendapatkan dana desa.

Dana desa ini uang Negara diawasi dari berbagai sudut, baik dari Kejaksaan, Kepolisian yang dibantu Polsek. Saya minta untuk ditata dengan baik, melaksanakan kegiatan sesuai dengan yang di programkan APBDes,”pesannya.

Lebih lanjut ia menyampaikan Pemerintah Kabupaten Karanganyar pada April 2017 ini meraih Piagam Satya Kencana Karya Bhakti Nugraha dari Presiden RI dan Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri RI sebagai Kabupaten Berkinerja Tertinggi se Indonesia, peringkat ke dua Nasional. Sehingga pemerintah-pemerintah yang berpretasi mendapatkan kepercayaan dengan adanya dana desa yang meningkat.

“Desa harus bersinergi dengan visi misi Kabupaten, begitu juga Kabupaten bersinergi dengan Gubernur(Provinsi),”katanya.

Bupati menghimbau untuk seluruh desa di enam belas Kecamatan yang mendapatkan dana desa untuk segera menyelesaikan laporan pertanggungjawabannya dengan baik. Karena BPK telah memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Tolong segera dibereskan secara administrasi, apalagi sebentar lagi kita akan menghadapi puasa Ramadhan, agar berjalan baik tidak terburu-buru,”tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Karanganyar, Utomo Sidi Hidayat mengatakan pencairan dana desa di Jawa Tengah meliputi sebelas Kabupaten. Untuk Kabupaten di Solo Raya yang mendapatkan dana desa tahap I lebih awal meliputi Kabupaten Karanganyar dan Sragen.

“Dana desa Tahap I untuk Karanganyar sebesar 79,8 miliar rupiah yang akan diterima oleh seluruh desa di 16 Kecamatan di Kabupaten Karanganyar. Paling lambat, Rabu besok sudah masuk kas desa masing-masing,”terang Utomo Sidi.

Demikian Diskominfo (ft/ind).