Karanganyar Jadi Lokasi Orientasi Lapangan Peserta Diklatpim IV Kemenkes RI  

KOMINFO
Sekretaris Daerah Karanganyar, Samsi mewakili Bupati menyampaikan sambutannya pada penerimaan Diklat Pim IV Kemenkes RI, Rabu (26/4)

Karanganyar, Rabu 26 April 2017

Kabupaten Karanganyar menjadi lokasi orientasi lapangan peserta Benchmarking Diklat Pim IV Angkatan I Kementerian Kesehatan RI. Dalam kegiatan ini diikuti sebanyak 36 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Kunjungan tersebut diterima langsung Sekretaris Daerah, Samsi mewakili Bupati Karanganyar, Rabu (26/4/2017) di aula Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karanganyar.

Dalam sambutannya, Sekda menyampaikan beberapa program dibidang kesehatan yang telah terealisasi, diantaranya stimulan pembangunan jamban sebanyak 5.725 jamban yang bersumber dari APBD, dana desa, CSR dan implementasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

“Dibidang KB, kami memberikan penghargaan/insentif kepada para pria untuk mengikuti KB jangka panjang yaitu MOP (Vasektomi). Adanya pendirian kampong-kampung KB di Kabupaten Karanganyar,”ujarnya.

Lebih lanjut Sekda menjelaskan tahun 2015 memperoleh penghargaan  KB MKJP Tingkat Nasional dan Juara I BKB Provinsi Jawa Tengah.  Sedangkan untuk bidang pengelolaan keuangan dan aset daerah, Samsi mengatakan berkat kerja keras dan kerjasama dengan berbagai pihak, Pemerintah Kabupaten Karanganyar mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI.

“Aplikasi yang mendukung pengelolaan keuangan daerah ini, meliputi SIMBAPER, SIMDA Online, SSPD-BPHTB Online, SIM-PDRB,”terangnya.

Sementara itu, Kepala Balai Pelatihan Kesehatan Cikarang sekaligus Ketua rombongan, Asep Zaenal Mustafa, menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan ini dalam rangka pembekalan pembelajaran dari Benchmarking ke praktis sebagai agen perubahan untuk menjalankan program-program stake holder secara efektif sekaligus sebagai pengukuran kinerja.

“ Dengan mengadopsi dan mengadaptasi kemampuan keunggulan tempat yang dikunjungi diharapkan mampu memberikan banyak manfaat khususnya dibidang kesehatan,”harapnya.

Demikian Diskominfo (ft/ind)