BPBD Karanganyar Adakan Bimtek Penanggulangan Bencana

Seusai pembukaan Bintek Penanggulangan Bencana, sejumlah tamu undangan menaiki perahu karet menuju titik lokasi simulasi di water rescue.

Karanganyar, Rabu (26/04/2017)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar mengadakan Bimbingan Teknis Penanggulangan Bencana, di Waduk Delingan, Kecamatan Karanganyar, Rabu (26/04), selama satu hari.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Karanganyar, Bambang Jatmiko,  mengatakan pelatihan sehari itu diikuti dari BPBD dan relawan SAR di Kabupaten Karanganyar, sebanyak 150 peserta.

“Bintek ini untuk membangun  kesadaran, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, serta mengimplementasikan ilmu yang didapat guna pelaksanaan penanggulangan becana di wilayah masing-masing,” kata Bambang Jatmiko, saat dilokasi.

Lebih dari itu, juga untuk meningkatkan kemampuan dalam penanganan  penangulanggan bencana dalam menghadapi bencana daerah. Sedangkan narasumber dari BPBD Kabupaten Karanganyar dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

“Materi berupa teknis water rescue, PPGD dilanjutkan paktek dan simulasi,” kata Bambang Jatmiko.

Sementara itu ditempat yang sama,  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar, Samsi, mengapresiasi bintek ini, dengan begitu meningkatkan jiwa kebersamaan dan meningkatkan ketrampilan di air dan bidang medan yang sulit.

“Kabupaten Karanganyar komplit masalah bencana alam, ada banjir, longsor, puting beliung, maka saya meminta untuk selalu meningkatkan kemampuan ketrampilan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana,” kata Samsi.

Pada kesempatan itu, Samsi juga meminta lokasi banjir yang tidak pernah terjadi namun ternyata juga terkena banjir, dicari penyebabbnya apa, kalau ada bambu yang menyumbat maka segera dibersihkan bersama-sama.

“Apakah ada barongan bambu, potongan-potongan bambu yang hanyut terbawa air sehingga menyumbat di bawah jembatan, segera di selesaikan permasalahan itu bersama-sama,” katanya.(pd)