Karanganyar Raih Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha

kominfo
Suasana Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-XXI di Kabupaten Karanganyar, Selasa Pagi (25/4)

Karanganyar, Selasa 25 April 2017

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo saat menjadi pembina upacara peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-XXI Kabupaten Karanganyar di halaman kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar, Selasa pagi (25/4). Bupati Karanganyar Juliyatmono saat ini (Selasa pagi, 25/4) menerima penghargaan tersebut yang diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di Alun-Alun Kabupaten Sidoarjo.

Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah di Kabupaten Karanganyar berjalan lancar dan khidmat. Jajaran FORKOMPIMDA beserta seluruh pejabat OPD dilingkup Pemerintah Kabupaten Karanganyar hadir dalam acara tersebut. Ratusan ASN yang terdiri dari lurah dan perwakilan OPD berbaris dengan rapi memenuhi halaman kantor Setda Kabupaten Karanganyar sebagai peserta upacara.

Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-XXI tahun 2017 ini mengambil tema “Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik Melalui E-Government”

Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo mengajak Pemda untuk fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan daya saing perekonomian daerah.

Untuk mendorong kinerja pemerintah daerah dalam mewujudkan pelayanan, saat ini Kementerian Dalam Negeri RI sedang mengembangkan program Smart City dan Kabupaten Karanganyar telah melaksanakan E-Gov tersebut melalui Alap-Alap Smart System dan beberapa inovasi lainnya seperti Layangmas, Sapamas.

Dari 542 daerah otonom yang terdiri dari 34 Provinsi, 415 Kabupaten dan 93 Kota. Berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahanan Daerah (EKPPD) Tahun 2016 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2015, ada sejumlah Pemda dengan capaian kinerja sangat tinggi, namun ada pula Pemda dengan capaian kinerja yang sangat rendah.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kabupaten Karanganyar di Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-XXI ini mendapatkan capaian kinerja yang luar biasa dan berhak mendapatkan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha sebagai Kabupaten Dengan Kinerja Pemerintah Terbaik ke-2 Tingkat Nasional. Demikian Diskominfo (ad/adt)