Petugas Perempuan Dominasi Upacara Peringatan Hari Kartini ke-138  

KOMINFO
Bupati Karanganyar Juliyatmono bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Kartini ke 138 di Halaman Kantor Bupati Karanganyar, Jumat (21/4)

Karanganyar, Jum’at 21 April 2017

Suasana berbeda pada upacara peringatan hari Kartini ke-138, pasalnya upacara didominasi petugas perempuan. Mulai dari Penanggung jawab Upacara, Pemimpin Upacara, Komandan Barisan, Pengibar Bendera, Pembacaan UUD 1945, Paduan Suara, Pembaca do’a dan peserta upacara mengenakan busana adat Jawa lengkap.

Peringatan hari Kartini ke 138 dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Karanganyar, Jum’at (21/4/2017) pagi. Bertindak selaku Inspektur Upacara, Bupati Karanganyar, Drs. H. Juliyatmono, MM dan Pemimpin Upacara, Sekretaris DPUPR Karanganyar, Titik Umarni dan diikuti segenap Forkopimda,  Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Jajaran OPD serta PNS dilingkup Karanganyar.

Dalam amanatnya, Bupati Karanganyar menyampaikan Usia ke-138 ini bukanlah waktu yang sebentar untuk selalu mawas diri segala yang dilakukan demi kemajuan emansipasi wanita. Sebagaimana cita-cita luhur Kartini, para wanita harus mendapatkan pendidikan yang tinggi.

“Sekarang tidak ada diskriminasi pendidikan, Pemerintah memberikan kesempatan pada semua lapisan masyarakat untuk mengenyam pendidikan  lebih tinggi, terlebih adanya program sekolah gratis,”terangnya.

Lebih lanjut, Bupati menghimbau kaum wanita agar memiliki tiga kepintaran yakni cerdas emosi, cerdas intelektual dan cerdas spiritual. Dan berharap ketiga kepintaran itu dapat mewujudkan  wanita terhomat dan bermartabat.

Ia menambahkan posisi kaum wanita saat ini lebih dihargai, untuk itu kaum wanita juga harus mampu unjuk kemampuan untuk dapat bersaing dan berkarya sesuai dengan bidangnya.

“Para kaum wanita harus mampu menunjukkan kualitas dirinya dibidang masing-masing, akan tetapi juga tidak melupakan kodratnya sebagai wanita,”pungkasnya.

Usai Upacara, Bupati menyerahkan piala pada juara I lomba Cerdas Cermat yang diraih  oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Kominfo Karanganyar,.

Sebelumnya diadakan berbagai kegiatan lomba dalam rangka menyambut Hari Kartini ke 138, diantaranya lomba rias, lomba cerdas cermat, lomba menyanyi, lomba membaca puisi yang diikuti seluruh anggota Dharma Wanita Karanganyar.

Demikian Diskominfo (ft/ind/ayya)