Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga

DISKOMINFO
Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyanyi duet bersama Endah Laras dalam acara Resepsi Hari Kartini, Kamis 20 April 2017

Dengan tema tersebut Pemerintah Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan peringatan Hari Kartini ke-138 Tahun 2017. Acara yang digelar untuk memperingati hari bagi Perempuan Indonesia itu diadakan di Pendopo Rumah DInas Bupati Kamis malam, 20 April 2017. Acara tersebut juga dimeriahkan dengan beberapa lomba bagi istri Kepala OPD, istri Asisten Sekda, istri Camat dan istri Kepala BUMD di Kabupaten Karanganyar.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Tarsa kegiatan lomba bagi istri Kepala OPD dan BUMD tersebut yaitu Lomba Menyanyi dan Baca Puisi. Babak penyisihan sudah diadakan pada Hari Rabu, 19 April 2017. Dari lomba tersebut diambil 4 (empat) besar atau 4 (empat) terbaik yang ditampilkan pada acara final malam itu.

Dalam laporannya Tarsa menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan kegiatan yang terbilang mendadak tersebut.

Disampaikan pula oleh Tarsa malam itu di samping sebagai acara final bagi lomba Menyanyi dan Baca Puisi sekaligus juga resepsi peringatan Hari Kartini tahun 2017. Semua pejabat beserta istri diundang untuk ikut memeriahkan acara tersebut. Dalam acara final tersebut ditampilkan 4 (empat) besar Lomba Menyanyi dan 4 (empat) besar Lomba Baca Puisi.

“Untuk babak final malam ini yang bertindak sebagai juri adalah seluruh hadirin. Semua hadirin menjadi juri. Jadi pemilihan pemenang lomba adalah dengan cara siapa yang terbanyak mendapatkan pilihan dari hadirin,” demikian kata Tarsa.

Acara resepsi malam itu terbilang sukses dan meriah. Bahkan untuk mendukung lebih semarak acara malam itu Panitia secara khusus mengundang penyanyi yang sudah melanglang buana ke mancanegara yakni Endah Laras. Penyanyi bertubuh besar dengan ciri khas ukulelenya ini berhasil mengajak duet Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Tak ketinggalan pula ada juga para perempuan muda yang tergabung dalam Komunitas Puisi Palur menampilkan kebolehannya membacakan puisi.

Setelah para finalis menampilkan kemampuannya dalam menyanyi dan baca puisi, hadirin diminta memilih sesuai pendapatnya masing-masing siapa yang terbaik.dengan memilih nomor undian peserta.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono yang malam itu didaulat mengumumkan pemenang lomba sekaligus menyampaikan sambutannya.

Dalam sambutannya Juliyatmono mengapresiasi kegiatan ini karena dapat menyalurkan bakat-bakat yang ada pada ibu-ibu baik itu baca puisi, menyanyi dan lain-lain.  Bahkan beliau mengaku kagum dengan penampilan para finalis yang begitu menghayati dan ekspresif. Beliau juga berpesan untuk terus meningkatkan kulaitas hidup kita serta kualitas keluarga kita dengan terus mengasah kemampuan dan bakat yang ada pada kita.

“Tidak hanya pada hari Kartini, tapi beberapa bulan sekali akan kita beri ruang bagi kaum perempuan untuk menyalurkan bakat, bisa meampilkan kebolehannya,” kata Juliyatmono.

Hasil pilihan hadirin, pemenang Lomba Menyanyi berturut-turut dari Juara 1 sampai 4 adalah: Ibu Dwi Cahyono (istri Camat Kerjo), Ibu Suwanto (istri Direktur Bank Jateng Cabang Karanganyar), Ibu Suprapto (istri Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) dan Ibu Edi Sukiswandi (istri Camat Ngargoyoso)

Untuk Lomba Baca Puisi pemenangnya berturut- turut dari Juara 1 sampai 4 adalah: Ibu Yopi Eko Jati Wibowo (istri Camat Colomadu), Ibu Agus Cipto Waluyo (istri Kepala Badan Kesbangpol), Ibu Heru Suprihati (Direktur Bank Daerah) dan Ibu Sarwanto (istri Camat Jatipuro). Demikian Diskominfo (krs/adt)