Bupati: UN Matematika 10, Guru dan Siswa Dapat Bonus

DISKOMINFO
Bupati Karanganyar, Juliyatmono (memegang mike) memberikan sambutan pada acara Pembekalan Ujian Nasional Mapel Matematika, Sabtu 15/4/2017

Karanganyar, Sabtu 15 April 2017

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono sewaktu Pembekalan Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika bagi guru Kelas IX dan Kepala Sekolah SMP/MTs pada hari Sabtu, 15 April 2017 di Aula SMPN 3 Karanganyar.

“Bagi siswa yang mendapatkan nilai 10 untuk mata pelajaran Matematika akan mendapatkan bonus Rp.250.000,00 (Dua ratus lima puluh ribu rupiah). Sedangkan bagi gurunya akan diberikan bonus Rp.1.500.000,00 (Satu juta lima ratus ribu rupiah),” kata Juliyatmono.

“Hampir semua orang takut terhadap pelajaran Matematika. Gurunya saja menakutkan. Pada uji coba kemarin siswa SMP yang mendapatkan nilai 10 hanya tiga orang. Kita akan genjot, kalau itu bagus menjadi juara nasional tidak terlalu sulit,” kata Juliyatmono

“Waktu yang tinggal 2 minggu ini harus dimanfaatkan betul. Segala kemampuan dikerahkan. Kalau rata-rata nilai Matematika terangkat, bisa  7,5 (tujuh koma lima),  untuk menjadi juara nasional, yang terbaik di Indonesia tidak terlalu sulit,” imbuh Juliyatmono.

Juliyatmono minta supaya semua pihak harus punya optimisme, semangat untuk menjadi yang terbaik. Murid-murid yang pintar supaya diberikan bimbingan secara khusus oleh Master Matematika, Prakosa. Prakosa saat itu diundang untuk memberikan pembekalan bagi guru mata pelajaran Matematika.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Tarsa menyampaikan bahwa saat itu Guru Mata Pelajaran Matematika kelas IX dikumpulkan untuk diberi pembekalan cara-cara yang mudah dan praktis mengajar Matematika sehingga bisa meningkatkan prestasi anak-anak didiknya. Hasil try out kemarin nilai rata-rata masih di angka 3 (tiga) an. Sesuai keinginan Bupati hal ini harus ditingkatkan.

Untuk mengejar ketinggalan itu dan mempersiapkan diri menghadapi UN SMP/MTs yang akan dimulai 2 Mei 2017 Pemkab Karanganyar mengundang Master Matematika, Prakosa. Prakosa memberikan cara-cara yang mudah dan praktis dalam mengerjakan soal-soal Ujian Nasional, khususnya mata pelajaran Matematika. Diharapkan guru-guru bisa menularkannya kepada para muridnya. Demikian Diskominfo (krs)