Hingga Hari Terakhir, UNBK Berjalan Lancar

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, saat meninjau UNBK di SMK Negeri 2 Karanganyar, Kamis (06/04).

Karanganyar, Kamis (06/04/2017)

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMK di Kabupaten Karanganyar hingga hari terakhir, Kamis (06/04) berjalan lancar, tanpa ada kendala.

“Saya kira berjalan bagus, lancar tidak ada hambatan, peserta ujian untuk SMK mengikuti UNBK, namun ada dua anak yang sakit. Nanti bisa menyusul ujian,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono, seusai meninjau pelaksanaannya, Kamis (06/04) pagi.

Secara teknis, Bupati Juliyatmono, mengatakan pelaksanaan UNBK tahun 2017 berjalan baik dan anak-anak bisa mengerjakan soal dengan nyaman. Anak-anak jauh lebih siap dengan UNBK.

“Kesiapan dengan perangkat teknologi ini, tidak bisa anak tidak siap,” katanya.

Hari terakhir itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono didampingi beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Karanganyar, meninjau UNBK di SMK Negeri 2 Karanganyar dan SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Karanganyar, Wahyu Widodo mengatakan, pada tahun ini sebanyak 35 SMK Negeri/Swasta melaksanakan dengan Sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Jumlah peserta sebanyak 5.083 orang, dan menggunakan 73 ruang,” kata Wahyu Widodo.

Karena sistem UNBK itu menggunakan listrik, pihaknya telah menyurati PLN agar tidak ada pemadaman listrik di sekolah tersebut. Selain itu, pihak sekolah juga diminta untuk mensiagakan genset jika ada keadaan darurat. Adapun jadwal Pelaksanaan Ujian Nasional untuk SMK tanggal 3-6 April 2017. Terdapat pula SMK sebanyak 35 sekolah (dengan UNBK).(pd)