Sambung Rasa Toleransi Beragama Merajut Kebersamaan

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi memberikan sambutan alam acara Sambung Rasa dengan tema Toleransi Beragama Merajut Kebersamaan di halaman LPPL Radio Publik Swiba. Kamis (30/3/2017)

Karanganyar, 31 Maret 2017

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi menghadiri acara Sambung Rasa dengan tema ‘Toleransi Beragama Merajut Kebersamaan’ di halaman gedung LPPL Radio Publik Swiba, Kamis malam (30/3).

Acara yang disiarkan secara langsung oleh Radio Swiba ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Karanganyar,  Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Karanganyar, Kasat Binmas Polres Karanganyar dan para anggota organisasi masyarakat di Kabupaten Karanganyar.

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi yang sekaligus menjadi ketua dewan penasehat Forum Kerukunan Umat Beragama dalam sambutannya menyampaikan kebijakan dan tugasnya sebagai ketua dewan penasehat FKUPB dan mengajak untuk menjaga dan mensyukuri atas keberagaman yang ada di Kabupaten Karanganyar ini agar tercipta suatu kerukunan antar seluruh masyarakat dan umat beragama di Kabupaten Karanganyar ini.

“Tugas saya membantu melaksanakan kebijakan-kebijakan dari Bupati untuk FKUB serta memfasilitasi hubungan FKUB dengan pemerintah dan berbagai elemen yang ada untuk menjaga kerukunan umat beragama di Kabupaten Karanganyar ini”, kata Wakil Bupati.

“Pemerintah daerah memfasilitasi kebutuhan dari FKUB yang mempunyai banyak program agar semua hal yang berurusan dengan umat beragama bisa langsung melapor secara berjenjang dari tokoh agama atau pemuka agama terlebih dahulu baru ke Pemerintah Daerah agar masalah dapat diatasi dengan baik dan lancar” kata Sekretaris Daerah, Samsi dalam sambutannya.

Ketua FKUB, Badarudin dalam sambutannya menyampaikan tugas dan kegiatan yang dilakukan oleh FKUB dalam menjaga kerukunan umat beragama di Kabupaten Karanganyar.

“Kita akan melaksanakan Kemah Kebangsaan pada  bulan April dalam upaya agar para remaja bisa rukun dalam satu tenda dan melakukan kegiatan bersama sehingga bisa akrab dalam menghadapi kehidupan kedepannya”, kata Badarudin.

Musta’in Ahmad sebagai Kepala Kementrian Agama Kabupaten Karanganyar juga menyampaikan tentang konsep toleransi dalam beragama.

“Toleransi tepatnya adalah kemampuan setiap orang atau kelompok untuk saling menghargai dan menghormati pihak lain sebagaimana yang bersangkutan, juga ingin dihargai keyakinannya. Manakala  di setiap pribadi muncul hal tersebut maka toleransi dengan sendirinya sudah terwujud,” kata Musta’in Ahmad.

Negara Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak keberagaman baik suku, kebudayaan, maupun keyakinan atau agama, dengan banyaknya keberagaman ini terkadang menimbulkan gesekan atau hal-hal yang tidak diinginkan maka dilakukan toleransi untuk menjaga persatuan antar umat beragama untuk merajut kebersamaan. Demikian Diskominfo (kris,yoga,rz)