PMI Karanganyar Miliki Gedung Megah

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo (kedua dari kiri) saat mendonorkan darahnya disela-sela peresmian Gedung PMI Karanganyar.

Karanganyar, Jumat (31/03/2017)

Palang Merah Indonesia (PMI) Karanganyar memiliki gedung megah, dengan dilengkapi berbagai fasilitas lengkap untuk donor darah. Gedung yang bersebelahan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar itu pindah lokasi dari tempat lama, di Kelurahan Cangakan.

Pembangunan gedung dua lantai itu dengan sistem multiyears, diresmikan penggunaannya oleh Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo. Tampak hadir pula Forkopimda Kabupaten Karanganyar, Jumat (31/03) pagi.

Saat memberikan sambutan, Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo mengatakan, gedung ini megah dan layak walaupun pengangaran dua tahun, dan kini diresmikan.

“Ada tantangan bagi PMI Karanganyar agar memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Punya bank data golongan darah juga sudah ada. Setiap saat jika dibutuhkan maka bisa on call,” kata Rohadi Widodo.

Dia juga mengimbau agar masyarakat rutin setiap tiga bulan untuk donor darah, karena setelah diambil darahnya, digantikan darah baru dan tubuh menjadi segar. Pada kesempatan itu, dia juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi pendonor yang rutin diambil darahnya. Ada yang sudah 100 kali, 75 kali, 50 kali dan 25 kali diambil darahnya.

“Di ulang tahun  ke 99 tahun 2016, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar juga telah mengadakan donor darah sebanyak 999 pendonor,” katanya.

Terkait dengan kebencanaan, Wakil Bupati  Karanganyar meminta  kesiap siagaan PMI,  karena daerah Karanganyar rawan bencana. “Maka dari itu senantiasa siap dibutuhkan, cepat dan terbaik bagi masyarakat,” katanya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Edi Susanto, Wakil Ketua Bidang Organisasi PMI Provinsi Jawa Tengah mengatakan pemanfaatan gedung ini sangat kami apresiasi.

“Fasilitasi dari Pemkab Karanganyar sangat luar biasa. Menunjukan perhatian dan kepedulian kepada PMI Kabupaten Karanganyar,” katanya.

Tidak salah kalau Pemkab Karanganyar memfasilitasi karena keberadaan PMI sungguh sangat kuat. “Perjuangan pembangunan gedung ini sungguh panjang. Kami berpesan agar meningkatkan kinerjanya dengan pelayanan Unit Tranfusi Darah (UTD)  dan kemarkasan lebih baik lagi,” katanya.(pd)