Kabupaten Bantul Belajar Tentang Peningkatan Layanan Kesra Di Kabupaten Karanganyar

Kominfo
Suasana Kunker Kabupaten Bantul di Kabupaten Karanganyar, Kamis Pagi (30/3)

Karanganyar, 30 Maret 2017

Bagian Administrasi Kesra Setda Kabupaten Bantul dipimpin Didik Warsito Asisten Sumber Daya dan Kesra Setda Kabupaten Bantul kunjungi Kabupaten Karanganyar dalam rangka belajar tentang upaya peningkatan mutu pelayanan bidang kesejahteraan rakyat (Kesra). Rombongan sebanyak 16 orang ini diterima oleh Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Karanganyar didampingi OPD terkait seperti Dinsos, Disparpora, Dinas Perindustrian Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UKM serta Baznas Karanganyar di ruang Podang 1 Kantor Setda Karanganyar, Kamis Pagi (30/1).

Agam Bintoro, Kabag Kesra Setda Karanganyar mewakili Bupati Karanganyar Juliyatmono dalam sambutan selamat datangnya mengatakan bahwa Kabupaten Karanganyar merupakan kabupaten paling ujung timur di Propinsi Jateng. untuk memudahkan dalam berkoordinasi dengan kabupaten/kota sekitarnya, Karanganyar bergabung kedalam Karisma Pawirogo dan Subosukawonosraten. Dalam visi misi Bupati n Wabup Karanganyar terpilih difokuskan kepada kepentingan rakyat dan pembangunan fisik demi memajukan Karanganyar.

Letak Kabupaten Karanganyar yang strategis dibawah lereng Gunung Lawu, membuat Kabupaten Karanganyar mendapatkan Sumber Daya Alam yang luar biasa, sekaligus pesona wisata alam yg menarik juga untuk dinikmati.

“Potensi wisata Karanganyar sangat luar biasa, untuk lebih mengoptimalkan pelayanan, infrastruktur penunjang sudah kami kerjakan demi kepuasan wisatawan”, ujar Agam

Sementara itu di tempat yg sama, Didik Warsito selaku kepala rombongan mengatakan bahwa bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kabupaten Bantul baru saja berdiri.

Sebelumnya hal-hal yang berkaitan dengan kesejahteraan rakyat di tangani dibawah kewenangan Dinas Sosial Kabupaten Bantul. Bantul yg terdiri dari 17 kecamatan dan 75 desa dgn penduduk sekitar 968.600 orang masih memiliki warga miskin sebesar 154.000 atau sekitar 15,7 %.

“Karna baru saja terbentuk bagian Administrasi Kesra di Bantul, kami ingin belajar lebih jauh tentang program-program di Karanganyar terkait peningkatan mutu layanan Kesejahteraan Rakyat”, ujar Didik

Lebih lanjut dikatakan oleh Didik, mata pencaharian terbesar penduduk Bantul adalah pertanian dengan prosentase 42% dan 70% produk-produk kerajinan Bantul telah menguasai DIY seperti batik dan keramik. Demikian Diskominfo (ad/tt)