TENAGA KONTRAK HARUS DISERTAKAN MENJADI ANGGOTA BPJS KETENAGAKERJAAN

Karanganyar, Kamis 23 Maret 2017

DISKOMINFO
Buapati Karanganyar, Juliyatmono memberikan sambutan dalam acara sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan di Ruang Anthurium Rumah Dinas Bupati Karanganyar

Pernyataan ini disampaikan Bupati Karanganyar, Juliyatmono pada acara sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan pada hari Rabu, 22 Maret 2017.

Bertempat di Ruang Anthurium Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Pemerintah Kabupaten Karanganyar bersama BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Utama Surakarta mengadakan Sosialisasi tentang pelaksanaan program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan bagi para Tenaga Harian Lepas (THL) dan Tenaga Kontrak dengan Perjanjian Kerja (TKPK) yang bekerja di seluruh OPD di Pemkab Karanganyar. Sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari surat yanag telah dilayangkan oleh BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Utama Surakarta kepada Pemerintah Kabupaten Karanganyar.

Sosialisasi yang dibuka oleh Suwilwan Rachmat yang menjabat Kepala Kantor Cabang Utama BPJS Ketenagakerjaan Surakarta, menyampaikan baru sekitar 1.007 perusahaan dan 92.877 tenaga kerja di Kabupaten Karanganyar yang sudah dilindungi oleh program-program yang telah diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Kami berharap dengan didaftarkannya para perkerja penyelenggara Negara khususnya Pemkab Karanganyar itu bisa menjadi contoh dan diikuti oleh para pemberi kerja selain penyelenggara Negara.

Bupati dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kerjasama yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan dengan Pemkab Karanganyar, guna melindungi para pekerja khususnya para THL sehingga dalam bekerja dia akan lebih semangat dan all out. Banyak manfaat yang akan diperoleh para THL apabila sudah terdaftar sebagai anggota BPJS Jaminan Sosial, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun dan Jaminan Kematian. Dalam kesempatan ini Juliyatmono, Bupati Karanganyar juga menginstruksikan kepada seluruh OPD yang ada di Pemkab Kabupaten Karanganyar untuk segera  mendata para pekerja THL nya agar program ini segera terealisasi.

“Bagi OPD yang mempunyai tenaga harian lepas atau non PNS harus menyertakan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan. Iurannya yang membayar APBD,” kata Juliyatmono.

Acara ini juga dihadiri seluruh OPD dan juga Camat yang ada di Pemkab Karanganyar serta berbagai tamu undangan. Demikian Diskominfo (kris/adit/rz)