Lomba PBB, Bentuk Karakter Generasi Muda

Satu kelompok peserta Peraturan Baris berbaris (PBB) saat memperagakan gerakan, Rabu (15/03) di Plasa Alun-alun Karanganyar.

Karanganyar, Rabu (15/03/2017)

Lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) merupakan salah satu wujud pembentukan karakter generasi muda Indonesia dan juga mengembangkan cinta tanah air, serta mempertebal semangat kebangsaan persatuan dan kesatuan.

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, saat membuka Lomba PBB Tahun 2017 mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya pembinaan pada generasi muda untuk membentuk karakter bela negara, Rabu (15/03) di Plasa Alun-alun Karanganyar.

“Karakter kedisiplinan, kekompakkan, patriotisme juga bisa dibentuk dari lomba ini, maka saya berharap tidak hanya yang ikut lomba saja, namun juga yang tidak ikut dapat terbentuk karakter seperti itu,” kata Wakil Bupati Karanganyar.

Dikatakan lebih lanjut olehnya, saat ini kecenderungan memilih sesuatu kebebasan, namun demikian kebebasan yang kita inginkan yaitu anak-anak mempunyai jiwa nasionalisme ada pada mereka.

“Lomba ini kegiatan rutin, maka saya apresiasi setinggi-tingginya. Harapannya jauh kedepan yakni muncul pemimpin yang mempunyai tanggung jawab dan kebersamaan,” katanya.

Pada lomba itu, unsur yang dinilai yakni gerakan dasar ditempat, gerakan berjalan, gerakan perubahan arah (bukan aba-aba), kerapian, dan pemimpin barisan.

Adapun jumlah peserta sejumlah 21 kelompok dari SMA/SMK/MA di Kabupaten Karanganyar, yang berlangsung dari Rabu-Kamis (15-16/03). Tim Juri terdiri dari tujuh orang dari Kodim 0727/Karanganyar dan Polres Karanganyar. Masing-masing kelompok diharuskan melakukan 112 gerakan tanpa ada yang terlewati.

Bagi pemenang juara I, mendapatkan hadiah uang dan berhak mewakili Kabupaten Karanganyar maju pada lomba se Eks Karesidenan Surakarta. Untuk juara 2, dan 3 mendapatkan hadiah.(pd)