Menteri Pertanian Sergap Gabah di Karanganyar

kominfo
Menteri Pertanian Andi Amran bersama Bupati Karanganyar Juliyatmono (topi, tiga dari kanan) saat mengunjungi Desa Kaliwuluh, Kecamatan Kebakkramat, Rabu Sore (8/3)

Karanganyar, 8 Maret 2017

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman beserta Aster KASAD Mayjend TNI Komarudin Simanjutak, Komisi IV DPR RI Agustina Wilujeng dan Direktur SDM Perum Bulog Wahyu Supriono lakukan kunjungannya di Desa Kaliwuluh Kecamatan Kebakkramat, Rabu Sore (8/3) dalam rangka percepatan penyerapan gabah petani (Sergap) untuk menjaga kedaulatan pangan nasional.

Amran mengatakan serapan gabah yang hanya 2000 ton perhari dua minggu lalu, kini bisa mencapai 14.000 ton perhari. Tentu saja kenaikan yang cukup signifikan sebesar 700 % ini merupakan hasil kerja keras kita. Sedangkan target yang hendak dicapai nasional sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo sebesar 4 juta ton pertahunnya.

Dikatakan lebih lanjut oleh Amran selama 6 (enam) bulan, yakni bulan Maret sampai dengan Agustus kedepan Kementerian Pertanian bersama tim antara lain Bulog dan pihak terkait lainnya akan menyerap panen dari petani.

“beras gabah oleh petani yang dikirim ke Bulog pasti akan diterima dan dihargai Rp. 3.700 berlaku di seluruh Indonesia,” ucap Amran.

Hal ini sesuai Permentan 3/2017 harga pembelian pemerintah (HPP) untuk gabah kering panen (GKP) dengan kadar air 25-30 persen ditetapkan sebesar 3.700 secara nasional.

Sementara itu Bupati Karanganyar Juliyatmono yang juga turut hadir bersama Ketua DPRD Karanganyar Sumanto dan Dandim 0727 Karanganyar Letkol CZI Santy Karsa Tarigan mengatakan bahwa Kabupaten Karanganyar mengalami surplus padi sebesar 140000 ton. Diharapkan kepada Kementerian Pertanian untuk terus memberikan bantuannya kepada para kelompok tani untuk semakin meningkatkan produksi padi ditahun mendatang.

“sumber kehidupan ada dipertanian, untuk itu kami mohon dengan bantuan yang diterima, petani semakin bersemangat dalam menanam”, harap Juliyatmono

Sebelum meninggalkan lokasi acara di Balai Desa Kaliwuluh Kebakkramat, Amran memberikan bantuan kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Karanganyar. adapun bantuan tersebut seperti Traktor Roda roda 4 dan 2 sebanyak 30 unit, pompa air 23 unit, Rice Transplanter 3 unit, combain baik besar sedang dan kecil sebanyak 8 unit, cornseller 8 unit, power thresher 8 unit, rehabilitasi jaringan irigasi 500 Ha, irigasi perpipaan 2 unit, DAM parit 5 unit dan 25 ton benih padi untuk 1000 Ha. Demikian DISKOMINFO (kris/ad/yoga)