Pembukaan Bakti Desaku Maju Dengan Pembuatan Akses Jalan Penghubung

Sambutan Bupati Karanganyar, Juliyatmono dalam acara Pembukaan Bakti Desaku Maju Desa Pablengan Kecamatan Matesih, Rabu pagi (08/03/2017)
Sambutan Bupati Karanganyar, Juliyatmono dalam acara Pembukaan Bakti Desaku Maju, Desa Pablengan, Kecamatan Matesih, Rabu pagi (08/03/2017)

Karanganyar, Rabu (8/03/2017)

Pembukaan Bakti Desaku Maju Tahun 2017 dan peletakan batu pertama pembangunan jalan yang menghubungkan antara Dusun Kentangan menuju Dusun Sawahan, Desa Pablengan, Kecamatan Matesih, oleh Bupati Karanganyar secara resmi telah dibuka Rabu pagi (8/03/2017).

Pelaksanaan pembangunan jalan penghubung yang bekerjasama dengan Kodim 0727/Karanganyar berlangsung selama 15 hari, mulai tanggal 8 Maret hingga 22 Maret 2017.

Kondisi jalan yang menghubungkan Dusun Kentangan ke Dusun Sawahan, Desa Pablengan, Kecamatan Matesih perlu di perkeras dengan melakukan pengecoran sehingga jalan tersebut dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat.

Pembangunan jalan melalui program Bakti Desaku Maju merupakan usulan dari bawah melalui rembug desa, yang menelan biaya sebesar Rp 237 juta.

Selain itu pembuatan jalan penghubung  sepanjang 700 meter dengan lebar 2,5 meter serta tinggi 10 cm disertai pembuatan jembatan dengan ukuran panjang 3 meter  dengan lebar 3 meter dan tinggi 2 meter. Adapula pembuatan gorong-gorong sebanyak 2 tempat sepanjang 3 meter dengan diameter 30 centimeter.

Dalam pengerjaan pembangunan jalan penghubung akan melibatkan 90 personil perhari berasal dari Kodim 0727/Karanganyar, Linmas Desa Pablengan dan masyarakat Desa Pablengan.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono didampingi Komandan Kodim 0727/Karanganyar bersama jajaran Forkompinda Kabupaten Karanganyar yang hadir pada acara tersebut menyampaikan bahwa program Bakti Desaku Maju terinspirasi dan digagas karena adanya TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) yang telah berhasil dan sukses terlaksana dimana-mana.

“Kabupaten Karanganyar sudah 3 tahun berjalan ini punya program Desaku Maju kita beri kesempatan masing-masing desa mengusulkan yang mengerjakan kerjasama dibawah jajaran TNI untuk bisa memperkokoh, meningkatkan komunikasi, koordinasi yang baik dengan masyarakat melalui program Desaku Maju.” Jelas Juliyatmono.

Juliyatmono menambahkan masyaratkat tidak boleh berdiam diri harus ikut membantu ambil bagian ikut gotong royong membuat ruas-ruas jalan yang bisa menghubungkan dari dusun atau dukuh yang satu ke dukuh yang lain.

Bupati berharap semoga pembangunan jalan penghubung ini lancar, pelaksanaan Bakti Desaku Maju berjalan dengan lancar dan segala roda perekonomian masyarakat sekitar semakin mudah  dan mengalami peningkatan pendapatan.

IMG_20170308_084024

Acara tersebut dilanjutkan dengan pemukulan gong tanda pembukaan Bakti Desaku Maju telah dimulai dan peletakan batu pertama pembangunan akses jalan penghubung secara simbolis oleh Bupati Karanganyar dan diikuti oleh Komandan Kodim 0727/Karanganyar. Demikian Diskomonfo (rz/tt)