Dengan Ultah yang ke-37 Dekranasda semakin eksis

DISKOMINFO
Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyerahkan tumpeng kepada Ketua Dekranasda Kab. Karanganyar, Siti Khomsiyah pada ulang tahun Dekranasda ke-37, Jumat 3/3/2017

Karanganyar, 3 Maret 2017

Tanggal 3 Maret 2017 menjadi momen penting bagi Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) karena merupakan hari ulang tahunnya. Acara perayaan ulang tahun tersebut diadakan di Ruang Anthorium Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Jumat 3 Maret 2017 malam.  Di ulang tahunnya yang ke-37 tahun ini Dekranas diharapkan semakin eksis serta bermanfaat luas khususnya bagi pengrajin di Kabupaten Karanganyar.

“Dekranasda Kabupaten Karanganyar merupakan organisasi swasta yang merupakan mitra kerja pemerintah mempunyai visi untuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa yang tercermin dalam produk kerajinan, melalui pembinaan, pelatihan dan promosi hasil kerajinan daerah dalam berbagai event pameran,” demikian kata Ketua Dekranasda Kabupaten Karanganyar, Siti Khomsiyah Juliyatmono.

Dalam sambutannya Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyampaikan bahwa para pengrajin yaitu mereka yang memiliki ketrampilan, keahlian tertentu dan melalui Dekranasda ini mereka terkoordinasi dengan baik.

“Tahun ini, yang merupakan satu abad Karanganyar sebaiknya Dekranasda membuat sayembara atau lomba membuat souvenir khas Karanganyar, supaya menjadi ciri khas Karanganyar.  Saya membuat istilah ‘I love Karanganyar’, sekarang banyak orang yang menggunakannya,” kata Juliyatmono.

Pemerintah akan memberikan tempat bagi para pengrajin Dekranasda untuk bisa memamerkan dan menjual hasil kerajinannya di Terminal Wisata Mbangun Makuthoromo Karangpandan. Diharapkan ke depannya setiap pengunjung di Kabupaten Karanganyar akan mampir ke terminal tersebut dan membeli oleh-oleh atau souvenir di situ. Pada gilirannya hal ini dimaksdukan untuk meningatkan perekonomian masyarakat.

Sebagai ucapan selamat ulang tahun bagi Dekranasda, Juliyatmono melaksanakan upacara potong tumpeng yang kemudian diserahkan kepada Ketua Dekranasda, Siti Khomsiyah yang kebetulan adalah istri Juliyatmono. Pemberian tumpeng tersebut disambut tepuk tangan meriah dari seluruh hadirin malam itu. Demikian Diskominfo (krs/pd)