Forum Gabungan Musrenbang Gagas Pembangunan Wilayah

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, saat memberikan sambutan pada Forum Gabungan Musrenbang Dapil II Tahun 2017, Kamis (02/03) di Terminal Wisata Karangpandan.
Bupati Karanganyar, Juliyatmono, saat memberikan sambutan pada Forum Gabungan Musrenbang Dapil II Tahun 2017, Kamis (02/03) di Terminal Wisata Karangpandan.

Karanganyar, Sabtu (04/03/2017)

Forum Gabungan (Forgab) Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Karanganyar Tahun 2017 mengagas berbagai pembangunan wilayah, yang berasal usulan dari tingkat Desa dan Kecamatan.

“Mari Musrenbang ini digunakan untuk menyusun kegiatan yang baik, demi kemajuan Kabupaten Karanganyar,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Kamis (02/03), saat Forgab Musrenbang Daerah Pemilihan II, di Terminal Wisata Karangpandan.

Bupati juga meminta kepada Kepala Desa dan Lembaga Desa agar uang yang berada di desa untuk digunakan sebaik-baiknya, karena sangat bermanfaat.

“Sekarang desa relatif sudah baik, berkat pembangunan infrastruktur, kondisi jalan juga sudah baik,” kata Juliyatmono.

Selain itu, Kepala Desa ataupun Lembaga Desa sebaiknya membeli barang-barang di wilayah Desa masing-masing agar ekonomi desa bergerak. “Misalkan saja membeli bahan material bangunan. Tetapi saya tidak melarang jika membeli di luar,” kata Bupati.

Acara Forgab itu juga dihadiri anggota DPRD Kabupaten Karanganyar dari Daerah Pemilihan II. Forgab Musrenbang Daerah Pemilihan II terdiri dari Kecamatan Kerjo, Tawangmangu, Jenawi, Ngargoyoso, dan Karangpandan. Pada malam itu juga tampak hadir Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar, Samsi dan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Karanganyar.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Karanganyar, Moh Indrayanto mengatakan, Forgab ini berasal dari Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) pada bulan Januari dan Musyawarah Rencana  Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) pada bulan Februari.

“Forum ini untuk mensinkronisasi antara hasil Musrenbangcam dengan rencana kerja Perangkat Daerah dan menentukan prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan tahun 2018,” kata Kepal Baperlitbang Kabupaten Karanganyar.

Seperti tahun lalu, Forgab ini berdasarkan daerah pemilihan, yang membedakan waktunya, dulu pagi, sekarang malam.

“Ini hari pertama pelaksanaan Forgab. Dari lima daerah pemilihan, usulan yang disampaikan totalnya mencapai Rp. 110, 345 Miliar dengan jumlah usulan sebanyak 244 kegiatan,” katanya.

Daerah Pemilihan (Dapil) lainnya antara lain, Dapil 1 (Karanganyar, Matesih, Mojogedang) dilaksanakan pada 6 Maret 2017, tanggal 7 Maret 2017 untuk Dapil IV (Colomadu, Gondangrejo), tanggal 8 Maret 2017 (Jaten, Tasimadu, Kebakkramat) Dapil V, pada Kamis 9 Maret 2017 untuk Dapil III (Jatiyoso, Jumapolo, Jumantono, Jatipuro).(pd)