Pelajar di Karanganyar berkomitmen Perangi Narkoba

kominfo
Poto bersama setelah pembacaan komitmen dan penandatangan komitmen bersama perangi Narkoba, Selasa Pagi (28/02)

Hal tersebut disampaikan saat pembacaan Komitmen Bersama oleh perwakilan siswa dilanjutkan penandatanganan komitmen bersama Propinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Kabiro Kesra Setda Prop Jawa Tengah, BNN Prop Jawa Tengah, Pemkab Karanganyar, Ketua Pengadilan Negeri Karanganyar, Polres Karanganyar, dan MUI Karanganyar bersama pelajar.

Dari data BNN Jawa Tengah sebanyak 27.32 % penyalahgunaan pengunaan Narkotika adalah pelajar dan Indonesia merupakan pasar terbesar di ASEAN terkhusus jenis sabu Kristal. Hal inilah yang melatarbelakangi Propinsi Jawa Tengah dalam hal ini Biro Kesra Setda Jawa Tengah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dengan peserta pelajar SMA/SMK/MA dan Ponpes.

Sekretaris Daerah Karanganyar Samsi yang mewakili Bupati Karanganyar dalam sambutannya menekankan bahaya narkoba, didukung dengan perkembangan jaman yang semakin maju, pemuda diharapkan bangkit menjadi generasi yang membangun dan menjadi orang yang sukses.

“untuk menjadi pribadi yang sukses kuncinya hanya 3 hal, yaitu mimpi, berkata dan melangkah serta dilandasi komitmen pribadi yang kuat”, jelas Samsi dihadapan 200 peserta Sosialisasi P4GN bagi Pelajar yang bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Selasa Pagi (28/2)

Ditambahkan oleh Samsi, Pemkab Karanganyar serius memerangi narkoba dan siap memfasilitasi kegiatan dalam pemberantasan narkoba. Kedepan program seperti ini hendaknya berkelanjutan dilaksanakan dan semisal dimungkinkan isi kotbah jumat minggu pertama hendaknya diisi tentang pemberantasan Narkoba dimana materinya MUI bisa merumuskan dan disebarluaskan melalui Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar.

Sementara itu Kabiro Kesra Setda Jawa Tengah Supriyono dalam laporannya mengatakan bahwa sosialisasi ini merupakan upaya dalam mewujudkan Jawa Tengah Bebas Narkoba dan memberikan pemahaman serta motivasi kepada Pelajar untuk menolak narkoba. Kabupaten Karanganyar menjadi salah satu dari 9 Kabupaten Kota yang dijadikan tempat pelaksanaan sosialisasi, diharapkan kedepan kegiatan ini bisa dilaksanakan merata di seluruh Kabupaten Kota yang berada di Propinsi Jawa Tengah. Sosialisasi kali ini dilakukan dengan metode panel diskusi dan Tanya jawab dengan moderator Kabag Kesra Kabupaten Karanganyar serta nara sumber Susamto Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Jawa Tengah dan Abdul Muid Sekretaris MUI Karanganyar. demikian Diskominfo (ad/by)