Asisten Pemerintah Karanganyar Menerima Kunjungan Kerja Pansus 1 DPRD Kabupaten Paser

DISKOMINFO
Asisten Pemerintahan, Bachtiar Syarif menyampaikan ucapan selamat datang kepada Pansus I DPRD Kab. Paser Kalimantan Timur (21/2/2017)

Karanganyar, 21 Februari 2017

Asisten  Pemerintahan Sekda Kabupaten Karanganyar, Bachtiyar Syarif menerima kunjungan kerja panitia khusus 1 DPRD Kabupaten Paser, Kalimantan Timur di Ruang Podang 2, Kantor Bupati Karanganyar, Selasa (21/02/2017).

Kegiatan kunjungan kerja Panitia Khusus 1 DPRD Kabupaten Paser ini berjumlah 17 orang dipimpin oleh Amran Syach, SH selaku Ketua Panitia Khusus 1 DPRD Kabupaten Paser.

Dalam kunjungan tersebut, Asisten Pemerintah Sekda Kabupaten Karanganyar menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Karanganyar mengelola perusahaan daerah dengan menggalakkan program intanpari yaitu perindustrian, pertanian dan pariwisata secara optimal yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat Karanganyar. Bachtiyar Syarif menambahkan bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Karanganyar hanya Rp 1,9 triliun.

“Sebagai tindak lanjut yang diambil oleh pemerintah daerah salah satunya adalah dengan mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perusahaan Umum Daerah Aneka Usaha yang merupakan perusahaan umum milik daerah di mana kegiatan usahanya meliputi berbagai bidang usaha” jelas Bachtiyar Syarif.

Selain itu dijelaskan pula oleh ketua rombongan panitia khusus 1 DPRD Kabupaten Paser, Amran Syach, SH bahwa tugas dan fungsi panitia khusus 1 DPRD Kabupaten Paser adalah menyusun raperda perusahaan daerah dan menyampaikan bahwa APBD Kabupaten Paser sebesar Rp 1,4 Triliun dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 87 miliar dan mengalami devisit.

Maksud dan tujuan kunjungan kerja ini adalah untuk belajar berkomunikasi tentang bagaimana pemerintah Kabupaten Karanganyar mengelola perusahaan daerah yang baik dan peran DPRD bersama-sama pemerintah daerah meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Di Kabupaten Karanganyar sendiri mempunyai 6 perusahaan daerah yang diantaranya adalah PD, BPR, Bank Daerah, PD, BPR Karanganyar, PD, BKK, Karanganyar, PD, BPR, Tasikmadu, PDAM Tirta Lawu dan Perusda Aneka Usaha yang semuanya pengelolaan berjalan dengan baik dan meningkatkan profit pendapatan sedangkan di Kabupaten Paser, mempunyai 3 perusahaan daerah.

Namun,  semuanya mengalami kegagalan dan kebangkrutan akibat manajemen dan pengeloalaan yang buruk, sehingga dalam kunjungan ini Pansus 1 DPRD Kabupaten Paser mendapat informasi tentang bagaimana tata cara kelola perusahaan daerah yang baik agar bisa diterapkan di Kabupaten Paser. (krs/tt)