Ibu Negara Ajak Warga Tanam Pohon di Kawasan Hijau Waduk Gondang

kominfo
Ibu Negara, Iriana Jokowi didampingi Mufidah Jusuf Kalla menanam pohon durian lokal di kawasan hijau waduk Gondang, Selasa (21/2).

Karanganyar, Selasa 21 Februari 2017

Ibu Iriana Jokowi didampingi Ibu Wapres Mufidah Jusuf Kalla menanam bibit pohon durian lokal di daerah sabuk hijau (greenbelt) Waduk Gondang Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar, Selasa (21/02/2017) pagi.

Sebanyak dua ratus lima puluh bibit pohon durian lokal yang ditanam di kawasan hijau dengan beragam varietas yakni durian bawor, petruk dan montong.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengajak masyarakat dalam upaya konservasi sekaligus pengembangan ekonomi guna meningkatkan kesejahteraan warga di sekitar waduk. Dipilihnya bibit pohon durian, karena mampu menyimpan cadangan air serta menahan struktur tanah untuk mengurangi erosi. Dengan harapan melalui kegiatan penanaman ini, masyarakat di sekitar Waduk Gondang, nantinya akan memiliki peran penting dalam menjaga kelestarian fungsi waduk.

Sebelumnya, Ibu Negara Iriana Jokowi dan Mufidah Jusuf Kalla bersama rombongan istri-istri menteri yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) mengunjungi PAUD Assalam di Desa Munggur Kecamatan Mojogedang. Pada kesempatan tersebut, Iriana Jokowi membagi-bagikan tas dan peralatan tulis kepada siswa PAUD.

kominfo
Bupati Karanganyar, Juliyatmono mendampingi Ibu Negara dan rombongan pada kunjungan PAUD Assalam di Desa Munggur Mojogedang.

Kunjungan dilanjutkan ke Kecamatan Kerjo guna meninjau IVA test untuk pencegahan kanker serviks dengan deteksi dini yang diikuti kurang lebih 256 ibu dari sepuluh desa. Kegiatan IVA test ini merupakan kerjasama antara BPJS dengan Dinas Kesehatan Karanganyar.

Masih dalam rangkaian kegiatan OASE KK, Ibu Negara  Iriana Jokowi bersama istri Wapres Mufidah Jusuf Kalla menghadiri Sosialisasi bahaya narkoba di Gedung Wanita. Antusias pelajar terlihat ketika Iriana Jokowi meminta seseorang siswa maju ke  atas panggung untuk menjawab pertanyaan dengan hadiah sepeda. Namun, hanya tiga siswa yang beruntung mendapatkan sepeda, sementara lainnya mendapatkan buku dari Ibu Negara.

kominfo
Ibu Negara Iriana Jokowi saat memberi pertanyaan dampak bahaya narkoba kepada salah satu siswa pada kegiatan sosialisasi anti narkoba, kekerasan seksual dan pornografi.

Dalam kesempatan tersebut, bersamaan dengan Hari Sampah Nasional dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan tempat sampah organik dan non organik kepada sejumlah sekolah di Kabupaten Karanganyar. Total ada tiga puluh tempat sampah yang diberikan.

kominfo
Ibu Iriana Jokowi dan Mufidah Jusuf Kalla didampingi Atiqoh Ganjar Pranowo saat melihat stand kerajinan tas batik.
KOMINFO
Ibu Negara Iriana Jokowi dan Mufidah Jusuf Kalla di stand kain batik pada pameran UMKM di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar

Kunjungan diakhiri dengan menyaksikan pameran kerajinan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar. Berbagai stand mulai dari kerajinan batik hingga makanan tradisional khas Karanganyar. Stand kain batik dan kebaya menarik perhatian Iriana Jokowi dengan memborong dua puluh kain batik kebaya senilai dua belas juta rupiah.

Demikian Diskominfo (Tim)