Workshop Matematika, Menjadikan Pelajaran Matematika Sesuatu yang Menyenangkan

KOM_6162
Bupati Karanganyar menyampaikan sambutan dalam acara Workshop Matematika, Rabu 25 Januari 2017

Karanganyar, 25 Januari 2017

Pelajaran Matematika bagi kebanyakan siswa bahkan kebanyakan orang dianggap momok atau  sesuatu yang menakutkan karena sulit. Oleh karena itu pada hari Rabu, 25 Januari 2017 diadakan “Workshop Matematika, Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pelajatan Matematika” bagi Guru-guru Mata Pelajaran Matematika SD dan MI se-Kabupaten Karanganyar di Aula SMP Darul Arqom Karanganyar.

Dalam laporannya, Ketua PGRI Kabupaten Karanganyar, Drs. Aris Munandar, M.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai realisasi salah satu dari empat program PGRI yaitu peningkatan kemampuan profesi dan kompetensi guru. Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak dua angkatan. Angkatan pertama dilaksanakan pada tanggal 25-26 Januari  2017 sedangkan angkatan kedua pada tanggal 30-31 Januari 2017.

Angkatan pertama workshop ini diikuti oleh guru-guru Matematika SD/MI kelas 3 dan 4 dari 8 (delapan) Kecamatan sebanyak 187 orang. Sisanya yaitu untuk 9 kecamatan lainnya akan diadakan pada tanggal 30-31 Januari 2017.

“Setiap peserta workshop akan mendapatkan sertifikat yang bisa dipakai untuk menembah Angka Kredit sebanyak 32 jam. Oleh karena itu setiap peserta supaya mengikuti workshop ini dengan antusias sampai selesai,” kata Aris Munandar.

Dalam sambutannya Heru Sugiyatmo, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar menyampaikan supaya kegiatan benar-benar bisa bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi guru Matematika sehingga nantinya bisa ditularkan kepada anak didiknya.

Juliyatmono, Bupati Karangnyar juga berkenan hadir dalam kegiatan tersebut. Menurut beliau kita harus memperbaiki spirit anak agar keinginan untuk belajar tinggi.
“Bagaimana cara kita agar bisa membangun semangat anak. Biarkan anak-anak berekspresi, bergerak kesana kemari yang penting masih dalam koridor.Sebagai orang tua awasi anak dan temani serta bimbing anak kita ketika belajar. Jangan ditinggal nonton tv, atau alasan lain. “Jadilah guru yg menyenagkan agar mata pelajaran yg anda ajar, terutama matematika tidak menjadi momok bahkan menjadi mata pelajaran yg menyenangkan,” demikian himbaunya kepada para guru.

“Dinas akan membuat sistem terbaru agar kenaikan jabatan para guru lebih mudah tanpa harus mengisi berkas, semoga dapat terlaksana. Setiap workshop guru akan dibiayai pemerintah, sehingga ilmunya dapet full tersampaikan, ini sebagai kompensasi atas jasa guru yang telah diberikan,” imbuh Juliyatmono.

Narasumber dalam kegiatan workshop tersebut adalah Dinar dan Prakoso. Mereka menyampaikan tips atau cara-cara mengajar matematika dengan menarik dan mudah sehngga bisa segera dipahami anak didik. (kris/ft)