Bupati dan Ketua DPRD Karanganyar Main Ketoprak

Pentas ketoprak sebagai rangkaian Hari Jadi DPRD Karanganyar ke-66, Selasa (24/01) malam yang dimainkan oleh sejumlah pejabat di Kabupaten Karanganyar.
Pentas ketoprak sebagai rangkaian Hari Jadi DPRD Karanganyar ke-66, Selasa (24/01) malam yang dimainkan oleh sejumlah pejabat di Kabupaten Karanganyar.

Karanganyar, Rabu (25/01/2017)

Kolaborasi apik antara Bupati Karanganyar Juliyatmono dan Ketua DPRD Kabupaten Karanganyar Sumanto, bermain bareng pada pentas ketoprak.

Pentas ketoprak itu sebagai rangkaian Hari Jadi DPRD Karanganyar ke-66, Selasa (24/01) malam di halaman gedung wakil rakyat itu.

Pelawak Kirun menjadi bintang tamu di ketoprak yang mengambil judul “Ki Ageng Mangir Wonoboyo” itu. Adapula Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar, Samsi, Dalang Kondang Ki Manteb Sudarsono.

Peran yang ambil Bupati Juliyatmono sebagai Panembahan Senapati, Wakil Bupati Karanganyar sebagai Tumenggung Alap-alap, Kirun sebagai Tumenggung Gagak Baning, Ki Manteb Sudarsono sebagai Juru Mertani, Samsi sebagai Demang Sarwono, dan Demang Sorogati diperankan oleh Ketua DPRD Karanganyar.

web (2)

Kolaborasi apik dari pejabat yang memerankan tokoh ketoprak itu membuat suasana menjadi ger-geran. Di atas panggung mereka mampu memainkan perannya dengan improvisasi. Mereka tampil santai dan tidak kikuk.

“Saya ingin tahu, bagaimana keadaan di Kasultanan Mataram, sampeyan  yang ikut andil melestarikan budaya itu bagaimana caranya, apalagi saya lihat panjenengan masih muda, hingga belum tumbuh gigi,” kata Bupati kepada Ki Manteb Sudarsono.

Setelah itu, Ki Manteb pun berdiri dari kursi dan berkata, “Wes ayo, pulang saja biar cari ketoprak lainya,” kata Ki Manteb.

Penonton pun tertawa terpingkal-pingkal, kemudian Kirun pun menambah kelucuan dengan berkata ke Ki Manteb, “Kamu juga tidak tertib, ketoprak pake jam tangan,” katanya.

Pentas hiburan yang dimulai pukul 20.00 WIB hingga 01.00 WIB, Rabu (25/01) selain disaksikan tamu undangan juga ratusan warga yang memadati halaman DPRD Kabupaten Karanganyar. Layar lebar disejumlah titik juga disediakan untuk penonton. pd