Festival Keroncong Dalam Rangka Hari Jadi DPRD Ke-66

KOMINFO
Bupati Karanganyar memberikan sambutan dalam acara Festival Keroncong dalam rangka Hari Jadi DPRD Kabupaten Karanganyar, Minggu(22/1)

Minggu malam hujan masih turun di area DPRD Kabupaten Karanganyar, namun tidak mengurangi antusias warga masyarakat untuk menyaksikan Festival Keroncong yang diadakan dalam rangka memperingati Hari Jadi DPRD Kabupaten Karanganyar ke-66. Tidak hanya orang-orang tua saja datang untuk menyaksikan Festival Keroncong ini, bahkan banyak juga anak-anak muda yang datang untuk menikmati musik keroncong. DPRD menyelenggarakan Festival Keroncong bekerjasama dengan HAMKRI Karanganyar yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar Drs. Samsi M.Si.

Festival Keroncong dibuka langsung oleh Ketua DPRD Karanganyar H. Sumanto, S.H, dan diikuti oleh 8 group keroncong yang berasal dari Karanganyar dan sekitarnya. 8 group keroncong itu antara lain Kir Brothers dari Palur, Pandhawa Solo, Putrani Karanganyar, Assalan Gemolong, Musika Harum Gondangrejo, Solo Manise Solo, Flamboyan Palur, dan Krida Sadewa dari Grogol, Sukoharjo.

KOMINFO
Festival Keroncong : Salah satu penampil Kir Brothers yang juga merupakan juara pertama, Minggu(12/1)

 Acara ini dihadiri langsung oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Sekretaris Daerah dan jajaran OPD. Dalam sambutannya Bupati Karanganyar mengapresiasi kegiatan ini karena sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Karanganyar. Juliyatmono mengharapkan agar seluruh group keroncong dapat menyajikan sajian musik keroncong dengan baik. Kegiatan positif seperti ini tidak hanya disajikan saat ulang tahun DPRD saja, tetapi juga bisa diagendakan secara rutin. Dengan agenda rutin dapat menjadikan Karanganyar lebih dinamis dan menjadi daya tarik wisata. “Semoga Karanganyar bisa berkembang melalui seni dan budayanya,” tandasnya.

Penentuan juara diambil berdasarkan beberapa aspek penilaian. Sementara itu dewan juri berasal dari DPRD, SETDA dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Kir Brothers berhasil menyabet juara pertama dan untuk juara dua adalah group keroncong dari Solo, Solo Manise. Masing-masing juara mendapatkan hadiah uang pembinaan dan tropi. Demikian(yoga/kris)