Melihat Matahari Terbit Dari Kaki Bukit Kemuning

Di lapangan Jimber, Desa Kemuning dapat melihat matahari terbit dan gunung Lawu
Di lapangan Jimber, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar  dapat melihat matahari terbit dan gunung Lawu

Karanganyar, Jumat (20/01/2017)

Bunyi ayam berkokok pagi itu menyambut kedatangan rombongan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Karanganyar, Dusun  Gadungan, Desa Giri Mulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Jumat (20/01) pagi.

Deru mesin dan laju pelan mobil penggerak 4 roda berjumlah belasan membelah kampung di kaki bukit Kemuning itu. Satu persatu mobil memasuki jalan desa yang masih rabat beton.

Di sebelah kanan dan kiri dedaunan teh menyambut kedatangan rombongan itu, yang ingin melihat matahari terbit dari kaki bukit Kemuning. Jalanan sedikit berkelok memperlambat laju mobil-mobil itu. Kendaraan roda juga dapat melalui jalanan itu.

Pukul 05.30 WIB rombongan sudah tiba di lapangan Jimber, Desa Kemuning. Letaknya yang berada di kaki bukit dan di tengah hamparan kebun teh membuat suasana menyatu dengan alam.

Pandangan lepas ke arah timur terlihat Gunung Lawu. Perlahan-lahan sang mentari memancarkan sinarnya, udara dingin di tempat itu menemani rombongan. Hidangan sederhana teh hangat dan singkong rebus disajikan sekedar menghangatkan tubuh.

Bupati Juliyatmono pada saat itu mengatakan kehadiran kami ini disini menjadi awal kunjungan wisatawan spektakuler di Kemuning.

“Pemerintah Kabupaten Karanganyar sendiri mempunyai rencana dengan membangun kawasan kebun teh Kemuning dengan berbagai fasilitas dan daya tarik wisatawan, seperti akan membuat gardu pandang, paralayang untuk komersil dan jembatan kaca. Juga telah selesai pembangunan Terminal Wisata Karangpandan,” katanya.

Jarak tempuh dari pusat kota Karanganyar sekitar 20 kilometer dan memakan waktu 30 menit, dengan kecepatan 60 kilometer/jam.  Namun apabila wisatawan berangkat dari Tawangmangu dapat ditempuh dengan waktu 28 menit dan jarak 12 kilometer, dengan kondisi jalan berkelok-kelok.pd