Naik 20,61%, DIPA POLRES Karanganyar Tahun 2017

kominfo
Suasana Sosialisasi DIPA Polres Karanganyar TA. 2017

Bertempat di Ruang PPKO Polres Karanganyar, Kamis, 19 Januari 2017 disampaikan Sosialisasi DIPA Polres Karanganyar untuk Tahun Anggaran 2017.

“Terkait dengan DIPA bukanlah sesuatu yang tertutup tetapi harus terbuka karena itu di awal tahun anggaran ini kita lakukan sosialisasi melibatkan unsur-unsur dari Pemda, Kejaksaan, wartawan dalam rangka menjamin akuntabilitas kinerja maupun keuangan, terkait dengan pertanggungjawaban keuangan yang diwujudkan dalam pelaksanaan tugas pokok fungsinya. Dengan harapan DIPA yang telah dikucurkan oleh negara bisa diawasi terkait dengan kinerja maupun penggunaannya supaya menciptakan clean dan good government,” kata Kapolres Karanganyar, AKBP Ade S. Simanjuntak.

Dibandingkan dengan DIPA Tahun 2016 DIPA Polres Karanganyar Tahun 2017 ini mengalami peningkatan atau kenaikan sebesar 20,61% dari semula Rp.69.001.817.000,00 (enam puluh sembilan miliar satu juta delapan ratus tujuh belas ribu rupiah) menjadi Rp.86.919.794.000,00 (delapan pulhn enam miliar sembilan ratus sembilan belas juta tujuh ratus sembilan puluh empat ribu rupiah). Anggaran tersebut dibagi untuk 19 bagian atau satuan fungsi yang ada di Polres dan Polsek se-Kabupaten Karanganyar. Anggaran ini berbasis kinerja sehingga ada input yaitu uang atau anggaran, output yaitu pelaksanaan tugas pokok dan fungsi peran Polri dalam Kamtibmas yaitu melindungi dan mengayomi masyarakat serta penegakan hukum, sedangkan outcome yang diharapkan yaitu suasana dan situasi kamtibmas yang kondusif.

“Dari hasil evaluasi tahun 2016, syukurlah angka kriminalitas menurun berkat kerja keras kita. Akan tetapi angka kecelakaan masih cukup tinggi sehingga dibutuhkan kerja sama dari berbagai stakeholder untuk menekan angka ini. Targetnya angka ini bisa berkurang 50% dalam satu dekade,” demikian imbuhnya.

Keberhasilan daerah dalam bidang apapun menjadi tanggung jawab bersama termasuk dalam bidang keamanan. Oleh karena itu dalam sambutannya Bupati Karanganyar, Juliyatmono yang berkenan hadir dalam acara tersebut juga mengapresiasi keberhasilan dan kerja keras Polri khususnya Polres Karanganyar. Untuk tahun 2017 Pemda Karanganyar akan memberikan bantuan hibah bagi kegiatan Polres Karanganyar sebesar Rp.3.000.000.000,00 (tiga miliar rupiah). “Dana ini bisa untuk sarpras, untuk kegiatan kepolisan yang sekarang ini lebih kompleks, serta kegiatan di luar dugaan yang membutuhkan kecermatan, mengantisipasi gerakan-gerakan atau aliran-aliran radikal, antisipasi hari-hari besar, bahkan tahun ini merupakan satu abad Karanganyar yang memerlukan keamanan yang menyeluruh,” demikian ujar Bupati.

Acara tersebut diakhiri dengan penandatanganan Pakta Integritas yang secara simbolis diwakili oleh Kabag Sumda, Kompol. Drs. I Komang Budayana, M.H. dan Kapolsek Ngargoyoso, AKP. Apin Sunu, SH. Demikian Diskominfo (kris/yoga)