Cegah Kenakalan Pelajar, P4GN Kumpulkan Kepala Sekolah

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo saat menjadi narasumber Sosialisasi Narkoba bagi Kepala Sekolah mengatakan dengan mengumpulkan Kepala Sekolah, diharapkan dapat mencegah peredaran Narkoba, pergaulan bebas, minuman keras dan berbagai kenakalan pelajar yang bersekolah di Negeri dan Swasta.
Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo saat menjadi narasumber Sosialisasi Narkoba bagi Kepala Sekolah

Karanganyar, Rabu (11/01/2017)

Tim Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Kabupaten Karanganyar mengumpulkan Kepala Sekolah Negeri dan Swasta,  untuk selalu mencegah kenakalan remaja di Kabupaten Karanganyar.

Peran Kepala Sekolah di Kabupaten Karanganyar diharapkan dapat mencegah peredaran Narkoba, pergaulan bebas, minuman keras dan berbagai kenakalan pelajar yang bersekolah di Negeri dan Swasta.

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo saat menjadi narasumber Sosialisasi Narkoba bagi Kepala Sekolah mengatakan dengan mengumpulkan Kepala Sekolah, ada pembinaan dari sekolah dan nantinya dibentuk pelajar pelopor anti narkoba, kemudian jika ada pertemuan dengan orang tua, juga disampaikan untuk memberikan perhatian untuk anak.

Rohadi Widodo juga sebagai Ketua Tim P4GN Kabupaten Karanganyar mengatakan di beberapa sekolah dijumpai kasus terhadap pelajar, secara umum prosentase ada perbedaan-perbedaan tertentu. Di sekolah swasta agak tinggi namun tidak semuanya, kemudian di wilayah pinggiran ada juga yang besar, (Rabu, 11/01) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

“Kesimpulan yang didapatkan, terjadinya pelajar melakukan miras, seks bebas, ngempil karena perhatian orang tua kurang. Ketahanan keluarga itu kurang kepada pelajar,” kata Rohadi Widodo.

Tidak hanya diberikan uang jajan, namun bentuk perhatian, sering bercanda, bertemu, berkumpul dengan keluarga dapat menanggulangi dampak pergaulan bebas.

Biasanya, lanjutnya, lingkungan menjadi berpengaruh besar, berkumpul dengan teman yang memakai, dibujuk dan menjadi ketagihan.  Wakil Bupati juga meminta peran Kepala Sekolah membentuk pelajar pelopor anti narkoba, masyarakat jangan membiarkan jika ditemukan ada yang tidak beres dilingkungannya.pd