13.141 Pramuka Ikuti Kemah 360 Hari

Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat mengalungkan tanda peserta Kemah 360 Hari
Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat mengalungkan tanda peserta Kemah 360 Hari

Karanganyar, Sabtu (31/12/2016)

Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Karanganyar akan menyelenggarakan kemah selama 360 hari yang diikuti oleh pramuka penggalang pada tahun 2017 di Bumi Perkemahan Cakra Pahlawasri, Kelurahan Delingan, Kecamatan Karanganyar.

Ketua Panitia Kemah 360 Hari, Hardjono mengatakan peserta perkemahan untuk tahap pertama adalah seluruh siswa kelas 5 Sekolah Dasar/MI di Kabupaten Karanganyar.

“Selama setahun ada 48 pekan, dikurangi kegiatan UTS, UKK, UN, PPDB, hari-hari besar tinggal 36 pekan dikalikan tiga hari, dengan jumlah 108 hari,” kata Hardjono.

Sisa hari tersebut untuk kemah kelas 6 rencana akan mengadakan perkemahan di halaman sekolah mengambil bulan Januari sampai Maret. Pada bulan Mei kelas 6 persiapan Ujian Nasional dan disambung lagi pada bulan Agustus sampai Desember 2017 pada saat siswa kelas 6 tersebut yang sudah menjadi kelas 1 SMP.

“Sedangkan materi kegiatan dibagi menjadi dua kegiatan ini dan penunjang. Kegiatan ini berupa pendidikan, keagamaan, K3 Perkemahan, PBB, pembuatan pionering tower mini, semaphore, permainan tradisional, estafet, halang rintang, pentas seni, kegiatan memasak, dan kegiatan malam,” katanya.

Untuk kegiatan penunjang antara lain ceramah kebangsaan, narkoba, kenalakan remaja, upacara pembukaan dan penutupan.

“Kemah ini akan dilaksanakan mulai tanggal 6 Januari 2017 oleh Kwaran Jumapolo dan selesai oleh Kwaran Gondangrejo pada 17-19 Desember 2017,” katanya.

Ditempat yang sama, saat pembukaan, Sabtu (31/12), kemarin, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan format paling ideal pembinaan pramuka ada di Kemah 360  Hari ini. Ada semangat Ketuhanan, Kebersamaan, Kegembiraan, dan Kemandirian.

“Kemah ini juga bertujuan untuk melatih anak mandiri, bisa bergaul bertemu dengan teman lain, dilatih cara memasang tenda, melipat baju, dan pembina bisa memberikan perhatian dengan baik,”kata Bupati.

Bupati juga menambahkan pengalaman itu lebih berkesan dan tertanam dipikiranya, menjadi bekal kelak untuk mencapai cita-citanya.pd