Sosialisasi Peraturan Bupati No 100 Tahun 2015 Tentang Perijinan Tempat Ibadah

kominfo
Bupati Karanganyar Juliyatmono saat memberikan pengarahan kepada peserta sosialisasi, Kamis Pagi (22/12)

Di terbitkannya Perbub No 100 tahun 2015 yang mengatur Perijinan Tempat Ibadah ini dibuka langsung oleh Bapak Bupati Karanganyar Juliatmono. Bertempat di Pendopo rumah dinas bupati (22/12), sosialisasi ini membahas diantaranya tata cara pemberian ijin rumah ibadat, izin sementara pemanfaatan bangunan gedung serta penyelesain jika terjadi keberatan dan perselisihan antar umat di lokasi sekitar pendirian rumah ibadah baru.

 “Dengan adanya landasan hukum pendirian tempat ibadah ini diharapkan dapat makin mempererat kerukunan umat beragama dan membuat rasa toleransi yang tinggi antar umat beragama, karena semua aktivitas yang dilakukan dalam tempat ibadah tersebut dapat diawasi oleh warga atau perangkat desa setempat” tutur Bupati.

Selain itu dengan adanya perbub ini tempat ibadah resmi akan mudah untuk mendapat pengawasan dari perangkat instansi apabila ada isu tertentu yang membuat masyarakat tidak nyaman demi menjaga ketentraman dan ketertiban dalam masyarakat.

 Selain dihadiri oleh Bapak Bupati, acara ini juga dihadiri oleh Asisten Administrasi, Waluyo Dwi Basuki, Kabag Hukum Setda, Zulfikar Hadid, Kabag Kesejahteraan Rakyat, Sugeng Raharto serta Perwakilan dari Kementrian Agama. Setelah diisi materi oleh perwakilan Kementrian Agama serta Pembahasan Materi Perbub oleh Kabag Hukum Setda, acara ini ditutup dengan sesi tanya jawab. Demikian Dishubkominfo (adt/ay)