6800an Anak Sekolah di Karanganyar Menerima Bantuan Beasiswa

kominfo
Bupati Karanganyar Juliyatmono bersama Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo bersama Siti Khomsiyah Juliyatmono (berbaju kuning ujung kanan) poto bersama penerima bantuan beasiswa dan juara FKKOTA

Kabupaten Karanganyar bersama LGNOTA Karanganyar tahun 2016 ini me-launching gerakan Orang Tua asuh “Satu Guru Satu Murid”, hal tersebut guna mensukseskan pendidikan belajar Sembilan tahun (Wajar Dikdas) di Kabupaten Karanganyar. LGNOTA melalui gerakan tersebut sukses mengumpulkan bantuan untuk beasiswa sebesar 1.242.175.000 yang kesemuanya telah dibagikan kepada siswa penerima bantuan beasiswa dengan rincian siswa SD 150 ribu pertahun, siswa SMP 250 ribu pertahun, SMA/SMK 350 ribu pertahun dan Mahasiswa 500 ribu persemester. Hal tersebut disampaikan oleh Siti Khomsiyah Juliyatmono Ketua LGNOTA Karanganyar dihadapan peserta Rapat Koordinasi LGNOTA yang diselenggarakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Jumat Pagi (16/12). Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Karanganyar bersama jajaran Forkompinda Karanganyar, Wakil Bupati Karanganyar, Pimpinan SKPD, Ketua FKKOTA se Kab. Karanganyar, Ketua Ormas dan Organisasi Wanita yang ada di Kab. Karanganyar, Kepala Sekolah SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA se Kabupaten Karanganyar.

Lebih lanjut Siti Khomsiyah mengatakan memasuki tahun ketiga pengurus LGNOTA, kinerja telah meningkat di buktikan dengan perolehan dana tiap tahunnya meningkat dimana tahun pertama dapat dihimpun dana 600 juta, tahun kedua sebesar 870 juta.

“Saya berikan apresiasi kepada pengurus LGNOTA atas keberhasilan ditiga tahun kepengurusan ini, kedepan saya berharap tidak menyusutkan pengabdian atas prestasi ini melainkan semakin ditingkatkan” harap Siti Khomsiyah saat sampaikan sambutannya.

Sementara itu Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan bahwa pencapaian 1.2 miliar tersebut sungguh luar biasa, itu merupakan bukti betapa ikhlas dan mulia nya Bapak/Ibu Guru yang ada di Karanganyar dalam membantu sesama. LGNOTA sebagai sarana dalam menyampaikan beasiswa kepada anak sekolah dan penunjang program Pemerintah Kabupaten Karanganyar dalam mensukseskan visi misi yang telah dicanangkan 5 tahun kedepan utamanya program sekolah gratis telah berperan cukup bagus. Beasiswa ini bisa digunakan anak didik untuk biaya personal yang bersangkutan seperti membeli seragam, sepatu maupun buku tulis dimana ini tentu saja menjadi bukan hanya tanggung jawab orang tua melainkan Pemerintah dan masyarakat. Pemerintah Kabupaten Karanganyar sejak tahun 2013 telah menggratiskan biaya pendidikan anak sekolah, hal ini guna mencerdaskan masyarakat Karanganyar. Tidak hanya itu, Pemkab juga telah menghimbau kepada para ASN untuk peduli kepada sesame dengan menjadi orang tua asuh

Ditengah-tengah acara Rakor LGNOTA diserahkan secara simbolis kepada penerima bantuan siswa yaitu perwakilan dari siswa SD, SMP, SMA/SMK dan penyerahan tanda penghargaan kepada FKKOTA yaitu sebagai juara 1 FKKOTA Kec, Karangpandan dengan perolehan 84.100.000, tempat kedua diisi oleh FKKOTA Kec. Jaten dengan perolehan dana 80.450.000 dan ketiga FKKOTA Kec. Gondangrejo dengan perolehan dana 77.200.000. Demikian Dishubkominfo (ad/f3a)