Karanganyar Raih Penghargaan Dana Rakca dan Peringkat Terbaik Kabupaten Peduli HAM

Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo (kanan) didampingi Kepala DPPKAD Kabupaten Karanganyar, Sumarno (kiri) menerima penghargaan Dana Rakca dari Kementerian Keuangan RI
Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo (kanan) didampingi Kepala DPPKAD Kabupaten Karanganyar, Sumarno (kiri) menerima penghargaan Dana Rakca dari Kementerian Keuangan RI

Karanganyar, Jumat (09/12/2016)

Kabupaten Karanganyar pada akhir tahun 2016  mendapatkan dua penghargaan dari Pemerintah Pusat, yaitu Dana Rakca dari Kementerian Keuangan RI dan Peringkat Terbaik Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) dari Kementerian Hukum dan HAM RI.

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo menerima langsung dua penghargaan tersebut. Penghargaan Dana Rakca, diserahkan di Jakarta, Rabu (07/12) dan Kabupaten Peduli Ham, diserahkan di Surabaya, Kamis (08/12).

“Ada tiga hal utama yang dinilai yakni Kinerja Kesehatan Fiskal dan Pengelolaan Keuangan Daerah, Kinerja Pelayanan Dasar Publik, Kinerja Ekonomi dan Kesejahteraan dinilai baik oleh Kementerian Keuangan,” kata Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo.

Selain itu juga ada syarat lain yakni minimal mendapatkan Opini dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, rata-rata yang menerima sudah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dan penetapan APBD tepat waktu.

Secara ekonomi  perbandingan apa yang ada di APBD bisa menggerakkan ekonomi di Kabupaten Karanganyar, sehingga PDRB dan kesejateraan meningkat.

“Ada 11 item yang diukur oleh Kementerian Keuangan. Di Jawa Tengah ada empat yang mendapatkan penghargaan Dana Rakca, sedangkan seluruh Indonesia ada 36 penerima,” jelasnya.

Dengan mendapatkan penghargaan itu, tentunya dapat menjadi pemacu bagi Kabupaten Karanganyar untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Tahun 2017 Kabupaten Karanganyar akan mengunakan slogan Karanganyar Maju dan Sejahtera, harapannya perekonomian jauh lebih sejahtera,” katanya.

Selain itu di Surabaya, bersamaan Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Se Dunia ke 68 Tahun 2016, Kabupaten Karanganyar juga mendapatkan penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM. Di Jawa Tengah mendapatkan nilai tertinggi, yaitu 97,50.

“Penilaian itu berdasarkan capaian implementasi Hak Asasi Manusia pada Tahun 2015,” kata Rohadi Widodo.

Ada lima kelompok penilaian, antara lain Hak hidup, Hak Mengembangkan diri,Hak Rasa aman, Hak Atas kesejahteraan, dan Hak Perempuan.

“Itu kelompok yang dinilai oleh Kemenkum HAM. Ada 16 item penilaian yang rata-rata mendapatkan nilai 10,”katanya.pd