Bhakti Desaku Maju, Bangun Jalan dan Poskamling

Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar, Samsi saat peletakan batu pertama pembangunan Poskamling di Program Bhakti Polri Desaku Maju, di Desa Giriwondo, Kecamatan Jumapolo.

Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar, Samsi saat peletakan batu pertama pembangunan Poskamling di Program Bhakti Polri Desaku Maju, di Desa Giriwondo, Kecamatan Jumapolo.

Karanganyar, Rabu (07/11/2016)

Program Bhakti Desaku Maju kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Karanganyar dengan Polres Karanganyar, membangun jalan dan poskamling di  Desa Giriwondo, Kecamatan Jumpaolo, Kabupaten Karanganyar.

Pada acara itu, peletakan batu pertama pembangunan tersebut tampak hadir Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar, Samsi, Rabu (07/11) di lokasi.

“Pembangunan itu sebagai Program Bhakti Polri Desaku Maju Tahun 2016 dengan lama pelaksanaan 10 hari, dimulai tanggal 7 sampai 16 Desember 2016,” kata Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simajuntak.

Adapun lokasi pembangunan Poskamling terletak di Desa Giriwondo, Kecamatan Jumapolo dengan luas bangunan 2×3 meter persegi. Sedangkan pembangunan jalan cor sepanjang 1.550 meter dengan lebar tiga meter, yang menghubungkan Dusun Bulu, Dusun Belang, Dusun Jumantoro.

“Kami melibatkan personil dari Polres Karanganyar 50 orang, Linmas Desa Giriwondo 30 orang, dan keterlibatan masyarakat sebanyak 70 orang. Totalnya 150 orang,”katanya.

Sedangkan anggaran untuk program yang telah dilaksanakan dua tahun ini mencapai Rp. 300 juta. Berasal dari APBD Kabupaten Karanganyar Rp. 250 juta, dan Swadaya masyarakat Rp. 50 juta.

Pembangunan Poskamling juga tidak hanya terlihat fisik saja, namun lebih dari itu peran serta masyarakat  terbangun untuk ikut bersama membangun daya tangkal dan cekal terhadap segala apapun juga yang menganggu kamtibmas.

“Kami berharap kesadaran masyarakat ikut andil untuk memfungsikan Poskamling ini menjaga Kamtibmas,” katanya.

Sementara itu, Sekda Karanganyar, Samsi mengatakan mudah-mudahan jalan dan Poskamling setelah selesai dapat berfungsi dengan baik dan dirawat. Tahun depan juga masih ada anggaran untuk Bhakti Desaku Maju.

“Program ini membuka isolasi dan membuat jalan penghubung antar Dusun, maupun antar Desa bisa tersambung,” kata Samsi.pd