Bakti Desaku Maju, Buat Akses Jalan Penghubung

Program Bakti Desaku Maju Tahun 2016 membuat akses jalan penghubung menuju jalan utama antar dusun, di wilayah Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu.

Program Bakti Desaku Maju Tahun 2016 membuat akses jalan penghubung menuju jalan utama antara Dusun Ngudal dan Dusun Ngerso, di wilayah Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu.

Karanganyar, Rabu (30/11/2016)

Program Bakti Desaku Maju Tahun 2016 membuat akses jalan penghubung menuju jalan utama antar dusun, di wilayah Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu.

Komandan Kodim 0727/Karanganyar, Letkol CZi Santy Karsa Tarigan dalam penjelasannya mengatakan, pelaksanaan program itu selama 10 hari, dimulai tanggal 30 November hingga 9 Desember 2016.

“Latar belakang pemilihan lokasi, karena belum ada jalan penghubung antara Dusun Ngudal dan Dusun Ngerso, sehingga kalau akan ke jalan utama harus melambung lewat dusun lain,” kata Komandan Kodim 0727/Karanganyar, Rabu (30/11) saat di lokasi acara.

Selain itu dijalan penguhubung juga dibuat jembatan dengan ukuran panjang 5 meter, lebar 4 meter, dan tinggi 4 meter, kemudian cor jalan sepanjang 390 meter dengan lebar 3 meter, dan talud dengan panjang 384 meter dan tinggi 75 sentimeter.

Program Desaku Maju dengan menelan biaya Rp. 286 juta, merupakan usulan dari bawah melalui rembug desa, dengan harapan memudahkan akes transportasi dan meningkatkan roda perekonomian.

“Kami melibatkan 120 personil perhari berasal dari Kodim 0727/Karanganyar, Linmas Desa Nglebak, dan masyarakat setempat,” katanya.

Sementara itu ditempat yang sama, Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, mengatakan kebersamaan antara Pemerintah Kabupaten Karanganyar, TNI, Polri, dan masyarakat adalah bagian dari kekuatan yang tidak bisa dipisah-pisah, sehingga menjadi kekuatan yang besar dalam konteks apapun untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 “Tanggung jawab kita semua untuk membangun wilayah, membangun jalan ini bukan membangun jalan fisik saja, namun menghubungkan kampung, sehingga NKRI menjadi satu kesatuan yang kita cintai,” kata Wakil Bupati Karanganyar.

Ditambahkan olehnya, masyarakat yang menanam tanaman holtikultura di Desa Nglebak dapat memudahkan akses, efektif dan murah sehingga masyarakat petani disini dapat meningkatkan pendapatannya.pd