Festival Radio Meriahkan HUT Kabupaten Karanganyar

Kominfo

Beberapa pemenang radio antik.

Memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Karanganyar ke-99 Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Karanganyar bekerjasama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Surakarta menggelar Festival Radio di Terminal Desa Balong Kecamatan Jenawi, Kamis (24/11).

Pada kegiatan Festival tersebut sebanyak 14 pecinta Radio ambil bagian menampilkan radio-radio antik baik dari segi merk, kondisi, tahun pembuatan dan penguasaan siaran dari pemiliknya.

Desa Balong dipilih lantaran tempat ini merupakan cikal bakal Radio Republik Indonesia Surakarta yang dikenal dengan istilah radio kambing. Dikarenakan agar tidak diketahui Belanda saat penjajahan dulu. Pemancar Radio kemudian disembunyikan dibalik bukit dekat dengan kandang kambing.

Radio-radio antik yang berpartisipasi pada acara festival kali ini menampilkan koleksi radio tuanya mulai dari tahun 1945 hingga tahun 1960an. Meski berusia tua namun radio-radio tersebut masih terawatt dan masih dapat didengarkan suaranya.

Kominfo

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyerahkan hadiah kepada pemenang radio antik dan lomba cerdas cermat, Kamis malam (24/11) di Terminal Balong, Jenawi.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyambut positif pelaksanaan kegiatan festival ini sekaligus mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa di desa Balong, Jenawi terdapat tempat bersejarah dan berperan dalam perang kemerdekaan.

“Pemerintah akan selalu menjaga eksistensi radio, diaman nantinya akan dibangun museum radio di Balong, Jenawi,” kata Bupati saat menyampaikan sambutannya pada Festival yang dihadiri Wakil Bupati, Jajaran SKPD, Forkompinca, Camat, Kepala Desa, Tokoh masyarakat, serta warga Karanganyar.

Lebih lanjut Bupati berharap dukungan dan keikhlasan dari masyarakat terutama yang memiliki radio antik, agar dirawat, dipelihara, dan dijaga. Supaya nantinya radio-radio tersebut bisa dimasukkan ke dalam museum radio.

Sementara itu, tidak hanya menampilkan koleksi radio-radio antik, dalam Festival ini juga diadakan Lomba Cerdas Cermat yang diikuti tiga belas kelompok perwakilan dari beberapa kecamatan di wilayah Karanganyar, dengan materi pertanyaan seputar pengetahuan umum dan tentang radio RRI.

Demikian Dishubkominfo (ir)