Khitanan Massal dan Festival Rebana, Meriahkan Hari Jadi Karanganyar

Kominfo

Tim medis saat melakukan proses khitan massal, di Aula Masjid Agung Karanganyar, Selasa (15/11).

Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Karanganyar ke-99, Pemkab Karanganyar bekerjasama dengan bersama Baznas Karanganyar menggelar acara Khitanan massal dan Festival Rebana Modern, Selasa pagi (15/11), di kompleks Masjid Agung Karanganyar.

Hadir dalam acara tersebut  Bupati Karanganyar, Wakil Bupati Karanganyar, Forkompinda, , Sekda Karanganyar serta jajaran SKPD Karanganyar.

Adapun tim medis tergabung dalam PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) yang meliputi perawat dari RSUD, PKU Muhammadiyah Karanganyar, Puskesmas kecamatan. Jumlah peserta ynag mengikuti Khitanan Massal ini mencapai 220 anak.

Kominfo

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara Festival Rebana Modern / Qasidah.

Sementara itu, Bupati Karanganyar  Juliyatmono dalam sambutannya mengatakan bahwa khitan ini dilakukan selain wajib hukumnya bagi laki-laki juga untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

“Semoga dengan khitan ini membawa kebarokahan kepada kita semua, utamanya anak-anak kita yang memang sudah siap dikhitan. Tujuannya agar bersih dan sehat,” tutur Bupati dihadapan para peserta khitan yang rata-rata anak-anak kelas II dan III sekolah dasar  dari 17 Kecamatan se Karanganyar.

Kominfo

Unjuk kebolehan : Penampilan group Al Mukminat dari Kecamatan Jaten.

Ditempat yang sama usai kegiatan khitan massal, dilanjutkan Festival Rebana Modern yang diikuti 17 grup dari masing-masing kecamatan se Kabupaten Karanganyar. Tiap peserta diharuskan membawa dua lagu, yakni lagu wajib dan lagu bebas. Peserta diwajibkan membawakan lagu wajib yaitu lagu Yaa Robbi Barik dan lagu bebas pilihan peserta.

Demikian Dishubkominfo (ind/ft/ir)