Satukan Langkah Untuk Negeri

dsc_0858

Suasana Upacara Hari Pahlawan Ke-71 di Kabupaten Karanganyar, Kamis Pagi (10/11)

Memperingati Hari Pahlawan Ke-71, Pemkab Karanganyar adakan Upacara bersama, Kamis Pagi (10/11), di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Karanganyar. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Karanganyar Drs. H. Juliyatmono, MM dan sebagai Komandan Upacara Letnan Satu Inf. Supardi dari Koramil Jatiyoso. Upacara diikuti oleh Forkompinda Karanganyar, Wakil Bupati Karanganyar beserta jajaran Kepala SKPD, Organisasi Pemuda, Polres Karanganyar, Kodim 0727 Karanganyar dan ASN dilingkungan Karanganyar, Mahasiswa serta Pelajar.

Amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa yang dibacakan oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono, disampaikan bahwa Peringatan Hari Pahlawan didasarkan pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, peristiwa tersebut memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah “politik ketakutan’, melainkan “politik harapan”. Bahwa seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan.

Melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, kita dapat mengambil makna yang terkandung didalamnya dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada kita semua seperti : taqwa kepada Tuhan YME, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para Pahlawan Bangsa.

Dengan suatu tekad dan ketulusan untuk bersama-sama saling bahu-membahu dan dilandasi oleh makna dan nilai integritas, etos kerja dan gotong royong, maka saya yakin bangsa Indonesia dapat mengatasi berbagai permasalahan yang melanda, dan dapat menjadi bangsa “Pemenang” mampu bersaing dengan negara dan bangsa lain. Hal ini sejalan dengan Tema Hari Pahlawan 2016 yaitu : “Satukan Langkah Untuk Negeri.”

Usai pelaksanaan Upacara, dilanjutkan ziarah makam di Taman Makam Pahlawan Dharma Tunggal Bakti, Karanganyar, Jawa Tengah. Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak bertindak selaku Inspektur Upacara yang diikuti oleh oleh Forkompinda Karanganyar, pimpinan SKPD, TNI POLRI dan ASN serta pelajar.Sebagai tanda penghormatan atas perjuangan para pahlawan dilakukan tabur bunga. Demikian Dishubkominfo (ad/ir/usw)