Rohadi Widodo : Karya Ilmiah sebagai Bentuk Penguatan SDM

kominfo

Karya ilmiah adalah Karya Hebat Anak Bangsa. Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo saat beri motivasi kepada peserta lomba karya tulis ilmiah, Kamis (10/11).

Bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November sekaligus menyambut HUT Kabupaten Karanganyar ke-99 “Maju dan Cerdas”. Kantor Perpustakaan dan Arsip Karanganyar mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diikuti pelajar tingkat SMP/SMA/SMK dan umum, Kamis (10/11/2016) di SMU Muhammadiyah 1 Karanganyar.

Pada lomba yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo menyampaikan seiring dengan perkembangan IT yang  semakin pesat  seperti wa, bbm, fb, twitter, Line, Instagram. Banyak berita/informasi yang bersifat hoax.

“Disinilah dibutuhkan karya-karya ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan. Karya-karya original dari anak-anak didik kita bukan plagiat,”jelas Wabup dihadapan para peserta lomba.

Wabup juga mengatakan untuk lomba Krenova Subosukowonosraten, Karanganyar meraih juara I dan berharap dari juara krenova tersebut sebagai gerbang Kabupaten Karanganyar mendapatkan Nobel. Karena memang harapan kita adalah anak-anak Karanganyar khususnya dapat mengenyam pendidikan tinggi.

“Alhamdulillah, lebih dari 1200 siswa kita diterima di Perguruan Tinggi Negeri. Harus kita syukuri bersama dan menjadi kebanggaan Kab. Karanganyar,”tuturnya.

Ditambahkannya dengan karya –karya ilmiah dapat menjadi karya-karya hebat, membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu mempertahankan Indonesia sebagai NKRI untuk bangsa yang hebat.

“Karya ilmiah lebih menguatkan diri baik dari segi leader maupun keilmuannya,”tandas Rohadi Widodo sekaligus memberi motivasi kepada para peserta.

kominfo

Abadikan Gambar : Para Peserta Lomba Karya Tulis Ilmiah Kategori Pelajar, Umum dan Tim Juri Foto Bersama Wakil Bupati, Rohadi Widodo.

dsc_0127

Pada kegiatan lomba karya tulis ilmiah tersebut menghadirkan Juri sebagai tim penilai yakni Drs. Waluyo Dwi Basuki ( Asisten Administrasi Setda Karanganyar), Susamti, SS, MM (Kepala Kantor Perpus dan arsip Karanganyar), Drs. Agam Bintoro (Sekretaris Bappeda Karanganyar), Dr. Uning (Pengawas Sekolah) Sholihin (Kepala Unit Perpustakaan UNS).

Sementara itu dilaporkan Kepala Kantor Perpus dan arsip Karanganyar, Susamti, ada dua belas karya yang akan dipresentasikan pada lomba kali ini, yakni enam dari kategori umum dan enam kategori pelajar.

Adapun dua belas Judul Karya ilmiah tersebut diantaranya: Pemberdayaan Perpustakaan dan Internet Mewujudkan Generasi Emas Kabupaten Karanganyar, Perpustakaan Makmur Generasi Cerdas, Pemanfaatan Cerita Rakyat sebagai Bahan Pembelajaran untuk Mewujudkan Karanganyar Maju dan Cerdas, Karanganyar Maju dan Cerdas dengan “Kaca Tungguku” (Suka Membaca Satu Minggu Satu Buku), Empowerment Of the Library Melalui Library Way Stop Dalam Rangka Meningkatkan Minat Baca Masyarakat untuk Mewujudkan Karanganyar Maju dan Cerdas (SMA Negeri Kebakramat), Writing Learning Center (SMA Negeri 1 Karanganyar), Potensi Permainan Tradisional sebagai Wahana Pendidikan Karakter Bagi Generasi Muda Karanganyar (SMP Muhammadiyah Darul Arqom), Kampung Baca : Tawaran Solutif Tumbuh Kembangkan Minat Baca Masyarakat  Menuju Karanganyar Maju dan Cerdas (SMP Muhammadiyah Darul Arqom), Perpustakaan dan Kantin Emperan untuk Memberdayakan Perpustakaan SMP Negeri 3 Jatiyoso (SMP Negeri 3 Jatiyoso), Pelestarian Tembang Dolanan Jawa untuk Mewujudkan Generasi Muda Karanganyar yang Berkarakter (SMP Muhammadiyah Darul Arqom).

Demikian Dishubkominfo (ft/ind)