Peringati Hari Jadinya ke-99, Pemkab Karanganyar Hadirkan Dua Dalang Kondang

vi

Dua dalang kondang tersebut yakni Ki Manteb Sudarsono dan Ki Anom Suroto yang mengambil lakon “Semar Mboyong Wisnu Manunggal,” Senin malam (7/11), di Plaza Alun-alun Karanganyar. Acara tersebut dihadiri oleh Forkompinda Kabupaten Karanganyar, Jajaran SKPD di lingkup Pemkab Karanganyar, Organisasi Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Karanganyar dan tamu undangan dari Kabupaten Kota Se Subosukawonosraten dalam hal ini Bupati Sragen hadir secara pribadi. Selain itu tampak hadir pula Ketua Ormas Islam, Guru Berprestasi, PNS purna tugas, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Anggota DPR RI, Ketua Partai Politik Kabupaten Karanganyar, para sesepuh dan pini sepuh dari Karanganyar.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan bahwa pagelaran Wayang kulit ini diadakan untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Karanganyar ke-99 tahun, yang diperingati setiap 18 November, sekaligus peringatan Hari Wayang Dunia yang jatuh setiap tanggal 7 November. Wayang kulit sebagai warisan budaya luhur harus tetap dilestarikan dan sebagai generasi muda wajib untuk nguri-nguri budaya.

“Mudah-mudahan suasana yang membahagiakan dan menggembirakan ini, membawa semangat baru menuju karanganyar yang lebih baik di masa yang akan datang, karena nama Karanganyar itu di ilhami oleh Nyi Ageng Karang,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar, Samsi meyampaikan, kegiatan untuk peringati hari jadi Kabupaten Karanganyar yang ke-99 ini, tidak berhenti di kegiatan wayang kulit saja, juga akan ada kegiatan nikah massal dan khitanan massal, tetapi untuk kegiatan nikah massal sampai malam ini belum ada pendaftarnya, sedangkan untuk khitanan massal banyak yang sudah mendaftar.

 Terkait pentas wayang kuliat ini selain menghadirkan dua dalang kondang, dihadirkan pula bintang tamu yakni Gareng Semarang, Ciblek Banyumas beserta pesinden yang berjumlah 99, yang menyimbolkan Ulang Tahun Kabupaten Karanganyar yang ke-99.

Kominfo

Bupati Karanganyar Juliyatmono (kanan), memberikan perangko kepada pemenang lelang bersama Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo (tengah) dan Sekretaris Daerah Karanganyar Samsi (kiri), Di Plaza Alun-alun Karanganyar, Selasa malam (8/11).

Dalam acara tersebut di launching prangko edisi Hari Jadi Kabupaten Karanganyar Ke-99 yang bergambarkan Bupati Karanganyar untuk kemudian di lelang dimana hasilnya akan disalurkan untuk jambanisasi bagi warga Karanganyar. dalam lelang tersebut berhasil dikumpulkan uang sejumlah 65,9 juta.

Demikian Dishubkominfo (pd/ad/ir/vvi/amal)