Malam Ini Pentas Wayang Kulit, Dua Dalang dan 99 Sinden

upload

Karanganyar, Senin (07/11/2016)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar malam ini akan mengadakan pentas wayang kulit semalam suntuk, Senin (07/11) di Plasa Alun-alun Karanganyar. Namun tak seperti biasanya, pada acara itu, yang akan memainkan wayang menghadirkan dua dalang kondang dan 99 sinden.

Panitia acara, Sarno, mengatakan dua dalang kondang itu yakni, Ki Manteb Sudarsono dan Ki Anom Suroto dengan mengambil lakon “Semar Mboyong Wisnu Manunggal”.

“Diceritakan Semar sebagai pamong, karena Negara Pancawati, Ngastino, Ngamarto ada huru-hara, untuk itu agar keadaan bisa tentram kalau bisa memboyong semar itu sebagai pamong,” kata Sarno, Senin (07/11) saat ditemui di Plasa Alun-alun Karanganyar.

Dua dalang kondang itu akan memainkan wayang bergantian, di layar berukuran panjang 12 meter. Masyarakat diharapkan bisa menonton pagelaran budaya tersebut.

Wayang kulit semalam suntuk itu diadakan sebagai rangkaian Hari Jadi Kabupaten Karanganyar ke-99 tahun, yang diperingati setiap 18 November, dan peringatan Hari Wayang Dunia, setiap tanggal 7 November.

Panitia sedang mempersiapkan pentas wayang kulit semalam suntuk dengan dua dalang dan 99 sinden

Panitia sedang mempersiapkan pentas wayang kulit semalam suntuk dengan dua dalang dan 99 sinden, Senin (7/11)

Sedangkan jumlah sinden itu disesuaikan dengan tahun peringatan Hari Jadi Kabupaten Karanganyar. Seperti pada tahun lalu, jumlah sinden yang ikut dalam pentas wayang kulit sebanyak 98 orang. Hari ini, selain sinden, juga ada bintang tamu Gareng dari Semarang dan pelawak Ciblek dari Banyumas.pd