Sambut Hari Jadi, Bupati Karanganyar Ziarah Ke Makam Leluhur

Roombongan saat ziarah di makam KRMT Hardjohasmoro, di pemakaman Temu Ireng, Popongan, Kecamatan Karanganyar. Dia adalah Bupati Karanganyar pertama.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Forkopimda, Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, dan Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar, Samsi, saat ziarah di makam KRMT Hardjohasmoro, di pemakaman Temu Ireng, Popongan, Kecamatan Karanganyar. Dia adalah Bupati Karanganyar pertama.

Karanganyar, Senin (31/10/2016)

Menyambut peringatan Hari Jadi Kabupaten Karanganyar ke 99, tahun 2016 ini, Bupati Karanganyar, Juliyatmono berziarah ke makam leluhur di beberapa wilayah Kabupaten Karanganyar, Senin (31/10).

Bersama Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, Forkopimda Karanganyar, Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar, Samsi dan beberapa Kepala SKPD, Bupati Juliyatmono ziarah ke makam Nyi Ageng Karang, Kelurahan Tegalgede, Kecamatan Karanganyar. Pahlawan yang mempunyai nama kecil Raden Ayu Sulbiyah itu menjadi cikal bakal Karanganyar.

Setelah itu, rombongan menuju makam Randusanga, Kecamatan Tasikmadu tempat pemakaman Ronggo Panambang I, pendamping perjuangan Raden Mas Said (Pangeran Sambernyowo).

Kemudian, tempat yang diziarahi yakni makam KRMT Hardjohasmoro, di pemakaman Temu Ireng, Popongan, Kecamatan Karanganyar. Dia adalah Bupati Karanganyar pertama.

Selanjutnya, melanjutkan ziarah ke Astana Mangadeg, Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, di makam RM Said atau Mangkunegara I, yang menjadi legenda dan semboyan Tri Darma dijadikan landasan warga Karanganyar. Yakni melu handarbeni (merasa ikut memiliki) wajib melu hangrungkebi (wajib ikut mempertahankan) dan mulat sarira hangrasa wani (selalu introspeksi/mawas diri). Dikomplek itu juga, rombongan berziarah ke makam Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara 2 dan 3.

Setelah berdoa dengan khusyuk, rombongan melanjutkan ziarah ke Makam Astana Giribangun tempat disemayamkan Presiden RI Soeharto dan Ibu Tien serta kedua orang tuanya dan kerabat lainnya.

Bupati Juliyatmono mengatakan, kegiatan ziarah mengawali peringatan hari Jadi Karanganyar memang dilaksanakan sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur yang sudah berjasa besar bagi Kabupaten Karanganyar.

”Setiap tahun menyambut Hari Jadi Kabupaten Karanganyar, selalu berziarah ke makam-makam leluhur dan mempunyai kewajiban untuk mendoakannya,” katanya.pd