PEDOMAN PERINGATAN HARI JADI KE-99 KABUPATEN KARANGANYAR

logo-hut-kra-99

SURAT EDARAN

    NOMOR : 003.3/8.506.9

TENTANG

PEDOMAN PERINGATAN HARI JADI KE-99 KABUPATEN KARANGANYAR
TAHUN 2016

 

Dalam rangka kegiatan peringatan hari jadi ke-99 Kabupaten Karanganyar yang mengambil tema “KARANGANYAR MAJU DAN CERDAS”, dengan ini kami sampaikan Pedoman Peringatan Hari Jadi Ke-99 Kabupaten Karanganyar Tahun 2016 adalah sebagai berikut :

A. ACARA POKOK

Acara Pokok Peringatan Hari Jadi Ke-99 Kabupaten Karanganyar Tahun 2016 sebagai berikut

   1. Senin, 31 Oktober 2016

Ziarah ke makam-makam pendiri dan sesepuh Kabupaten Karanganyar meliputi :

  • Makam Nyi Ageng Karang di Ngloji Karanganyar;
  • Makam Randusongo di Desa Gaum Kecamatan Tasikmadu;
  • Makam Temuireng di Kelurahan Tegalgede, Kecamatan Karanganyar;
  • Makam Mengadeg Kecamatan Matesih.

Kepada para Camat yang ketempatan lokasi ziarah untuk menyiapkan tempat dan segala sesuatunya. Sebagai ketua seksi acara Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi’

   2. Senin, 7 Nopember 2016 Pagelaran Wayang Kulit

Pagelaran Seni Budaya Wayang kulit semalam suntuk dengan 2 (dua) dalang Ki. H. Mantep Sudarsono dan Ki. H. Anom Suroto pada pukul 19.00 WIB bertempat di Plaza alun-alun Kabupaten Karanganyar. Sebagai ketua seksi acara Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

   3. Kamis, 17 Nopember 2016 Malam Tirakatan

  • Malam tirakatan ini dilaksanakan di Sekretariat Daerah dengan cara lesehan.Masing-masing SKPD/BUMN/BUMD/Instansi Vertikal/Ormas/Parpol pada jam 21.00 WIB membawa tumpeng sendiri-sendiri dan mengikut sertakan beberapa orang stafnya sebagai ketua seksi acara Kepala BAPPEDA. Pakaian Bapak beskap landung dan Ibu kebaya
  • Para Camat agar memerintahkan lurah dan kepala desa untuk mengadakan kegiatan malam tirakatan juga dilakukan sampai tingkat RT/RW pada jam 19.00 WIB.

   4. Jumat, 18 Nopember 2016 Upacara
Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-99 Kabupaten Karanganyar terpusat di Alun-alun Kabupaten Karanganyar, bertindak selaku inspektur upacara Bupati Karanganyar, dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Peserta upacara hadir pukul 07.00 WIB untuk melaksanakan gladi bersih dan dalam pelaksanaan upacara menggunakan Bahasa Jawa.
  • Pakaian pada saat upacara untuk pria beskap jangkep, sedangkan untuk wanita memakai kebaya.
  • Setiap Kecamatan agar mengikutsertakan perwakilannya untuk mengikuti upacara di Alun-alun Kabupaten Karanganyar.

Pada saat setelah upacara akan ditampilkan tarian kolosal perjuangan
Raden Mas Sahid dengan tema Adeking Kabupaten Karanganyar peserta sebanyak 999 orang terdiri dari siswa SLTP dan SLTA dalam kota Kabupaten Karanganyar. Sebagai ketua seksi acara Kepala Satpol PP.

B. ACARA PENUNJANG

Acara penunjang dalam rangka memperingati hari jadi ke-96 Kabupaten Karanganyar terdiri dari :

  1. Minggu, 30 Oktober 2016 Bhakti Sosial Operasi Katarak.

Tempat di RS. PKU Muhammadiyah Karanganyar Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Karanganyar, PT. Sidomuncul, Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI) dan Keluarga Besar Alumni FISIP UNS. Sebagai ketua seksi acara Kepala Dinas Kesehatan.

   2. Minggu, 6 Nopember 2016 Adventure Trail.

Start dan finish di Lapangan Karangpandan yang akan diikuti
dari berbagai daerah dan kalangan komunitas sepeda motor trail yang ada di Kabupaten Karanganyar dengan rute Lapangan Karangpandan-Kebunkaret Ngargoyoso-kembali ke Karangpandan. Sebagai ketua seksi acara Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan.

   3. Selasa, 8 Nopember 2016.

  • Seminar “MEMBEDAH POTENSI EKOWISATA KARANGANYAR” dengan nara sumber Bapak Dr. Bambang Djaznanto seorang motivator putra asli Karanganyar (Pengurus PWKS) Paguyuban Warga Karanganyar Surakarta) dengan tema membedah potensi Karanganyar dalam ekowisata. Sebagai ketua seksi acara Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga.
  • Lomba Fotografi dengan tema kepariwisataan yang ada di wilayah Kabupaten Karanganyar dan diikuti oleh pelajar, mahasiswa, karyawan dan umum yang berpenduduk Karanganyar dengan dibuktikan KTP. Sebagai ketua seksi acara Kepala Dinas Perhubungan komunikasi dan Informatika.
  • Olah Raga Tradisional berupa trumpah panjang, tarik tambang, egrang, balap karung yang diikuti oleh pelajar SLTP maupun SLTA dengan tempat di alun-alun Karanganyar. Sebagai ketua seksi acara Ketua FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia).

   4. Rabu, 9 Nopember 2016
Lomba Senam Sehat Indonesia (SSI)  dengan peserta dari masyarakat umum bertempat di GOR RM. Said Karanganyar penyelenggara dari FORMI (Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia).

   5. Jumat, 11 Nopember 2016

Sarasehan wawasan kebangsaan tempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar terdiri dari beberapa kelompok etnis yang berada di Kabupaten Karanganyar. Penyelenggara kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Karanganyar dengan Forum Persaudaraan Bangsa Indonesia (FPBI). Sebagai ketua seksi acara Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik

   6. Jumat-Minggu, 11-13 Nopember 2016.

  • Pameran INTANPARI bertempat di Plaza alun-alun dengan menampilkan produk-produk unggulan Kabupaten Karanganyar serta kuliner yang ada di Karanganyar sebagai ketua seksi acara Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM.

   7. Sabtu, 12 Nopember 2016 Festival Siskamling dengan berjalan kaki dari alun-alun ke timur sampai perempatan pegadaian ke utara arah Stadion 45. Panggung kehormatan di depan POLRES Karanganyar. Fistival ini kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Karanganyar dengan Polres Karanganyar diikuti perwakilan 17 kecamatan dan dilaksanakan pada malam hari dan diikuti oleh kelompok masyarakat desa dengan menggunakan alat music dari bambu. Sebagai ketua seksi acara Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.
   8. Selasa, 15 Nopember 2016 Khitanan Massal dan Festival Rebana.

Jumlah peserta khitanan massal 99 orang dan Fistival Rebana diikuti perwakilan 17 kecamatan, bertempat di Masjid Agung Karanganyar dimulai jam 07.00 WIB s.d selesai. Sebagai ketua seksi acara Kepala Dinas Kesehatan.

   9. Jumat, 18 Nopember 2016 Nikah Massal

Jumlah peserta nikah massal 99 pasang dengan kreteria yang nikah pada bulan Nopember 2016 bertempat di Rumah Dinas Bupati Karanganya waktu setelah upacara selesai. Sebagai ketua seksi acara Kepala Kantor Kementerian Agama.

   10. Minggu, 20 Nopember 2016

Lomba ketrampilan bersepeda dengan tempat sepanjang jalan lawu depan  alun-alun Karanganyar peserta dari masyarakat umum, sebagai ketua seksi Ketua FORMI.

   11. Selasa, 22 Nopember 2016 Karnaval Pembangunan Kendaraan Hias

Karnaval Pembangunan dengan menggunakan kendaraan roda 4 diikuti oleh setiap Kecamatan dengan menimpilkan hasil bumi, BUMN, BUMD dan Perusahaan-Perusahaan yang ada di Wilayah Kabupaten Karanganyar. Start dari Lapangan Desa Jati Kecamatan Jaten ke utara-Perempatan Lampu Merah Papahan ke timur-Panggung kehormatan di depan Rumah Dinas Bupati Karanganyar ke timur-Perempatan Lampu Merah Terminal Bejen ke selatan-finish di Perempatan Lampu Merah Tegalgede. Sebagai ketua seksi acara Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Catatan :

  • Peserta tidak boleh membawa petasan, kembang api dan sejenisnya.
  • Apabila ada tulisan atau spanduk yang dibawa tidak boleh mengandung unsur SARA.
  • Bentuk atribut harus tertib dan santun.

   12. Rabu, 23 Nopember 2016 Donor Darah
Peserta PNS dan perangkat Desa/Kelurahan wajib mengikuti terutama bagi pejabat structural dari eselon IV sampai dengan eselon II; Kepala sekolah SD-SLTA; Ormas; TNI/POLRI; BUMN/BUMD; Pelajar/Mahasiswa; Umum dengan catatan secara medis diberbolehkan dengan maksud PNS berbagi. Sebagai ketua seksi acara Ketua PMI.

   13. Jumat, 25 Nopember 2016 Sepeda Santai

Sepeda santai dengan peserta terdiri dari siswa–siswi sekolah, PNS, TNI/POLRI, karyawan–karyawati perusahaan, Ormas dan masyarakat umum. Bertempat di Alun-alun Kabupaten Karanganyar. Sebagai ketua seksi acara Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Karanganyar.

   14. Kamis, 15 Desember 2016 Karanganyar Award

Karanganyar Award berempat di Gedung Wanita bekerjasama dengan Jawa Pos memilih beberapa tokoh Karanganyar terbaik dan mempunyai inovasi di berbagai bidang baik perseorangan, kelompok maupun  perusahaan yang nantinya akan diberi penghargaan oleh Bupati. Sebagai ketua seksi acara Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika.

   15. Anjangsana

Silaturohim ke Mantan pejabat Bupati/Wakil Bupati yang pernah menjabat di Kabupaten Karanganyar.

   16. Sabtu, 17 Desember 2016 Pertunjukan Seni Musik

Tempat pertunjukan musik Wali Band di Stadion 45 Kabupaten Karanganyar dimulai jam 19.00 WIB s.d selesai. Sebagai ketua seksi acara Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah

Agar peringatan Hari Jadi Ke-99 Kabupaten Karanganyar Tahun 2016 dapat berjalan dengan tertib, sukses dan lancar, untuk itu diminta perhatiannya :

  1. Pemasangan Bendera dan Umbul-umbul, untuk ikut menyemarakan hari jadi ke-99 Kabupaten Karanganyar agar semua instansi pemerintah, warga masyarakat, sekolah maupun lembaga swasta untuk mengibarkan Bendera Merah Putih selama 5 (lima) hari berturut-turut 1 (satu) tiang penuh mulai tanggal 16 s.d 20 Nopember 2016 dan pemasangan umbul-umbul mulai tanggal 1 s.d 30 Nopember 2016 di depan Kantor, Sekolah, Perusahaan, Balai Desa/Kelurahan, sepanjang jalan lawu, jalan desa serta tempat-tempat lainnya yang dipandang strategis.
  2. Berkenaan dengan hal ini Kepala Desa/Lurah agar menyebarluaskan kepada semua warga serta memantau pelaksanaannya
  3. Semua Kepala SKPD untuk melakukan gerakan kebersihan dan penghijauan di lingkungan masing-masing dimulai tanggal 31 Oktober 2016 serta memasang spanduk yang bertuliskan DIRGAHAYU KABUPATEN KARANGANYAR PADA HARI JADI KE-99 TGL 18 NOPEMBER 2016 “KARANGANYAR MAJU DAN CERDAS”;
  4. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga agar mensosialisasikan dan memantau kepada jajarannya sampai ke sekolah-sekolah;
  5. Kepala Dinas Kesehatan untuk mensosialisasikan dan memonitor pelaksanaan sampai di tingkat Puskesmas/Puskesmas Pembantu;
  6. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi agar mensosialisasikan ke semua Perusahaan/Industri yang berada di wilayah Kabupaten Karanganyar untuk berpartisipasi dalam pameran dan karnaval pembangunan kendaraan hias.
  7. Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika agar mensosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat di lingkungan Kabupaten Karanganyar melalui baliho, pamflet, pers, siaran mobil keliling dan siaran Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) “RADIO SWIBA”;
  8. Para Camat agar mensosialisasikan dan memantau pelaksanaan dengan tertib serta melaporkan kegiatan pelaksanaan di wilayah masing-masing sampai
    ke tingkat Desa/Kelurahan, bahkan sampai ke tingkat RT;
  9. Ketua Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Kabupaten Karanganyar agar mensosialisasikan ke semua Perguruan Tinggi yang berada di wilayah Kabupaten Karanganyar;
  10. Hal-hal teknis yang menyangkut ketentuan dan pelaksanan lomba, festival maupun kejuaraan akan diatur dan diberitahukan secara khusus oleh masing-masing seksi

Demikian surat edaran ini dibuat untuk dapat dilaksanakan dan menjadikan perhatian.

 

a.n. BUPATI KARANGANYAR
SEKRETARIS  DAERAH
Selaku
Ketua Umum Panitia Peringatan
Hari Jadi Ke-99 Kabupaten Karanganyar

Ttd

Drs. SAMSI, M.Si
Pembina Utama Madya
NIP. 19581207 198503 1 010