Pemerintah Kabupaten Karanganyar Raih Penghargaan Kawastara Pawitra

Penghargaan Kawastara Pawitra diberikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. kepada Bupati Karanganyar, Juliyatmono.
Penghargaan Kawastara Pawitra diberikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy. kepada Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Sabtu (15/10) di Surakarta.

Karanganyar, Sabtu (15/10/2016)

Pemerintah Kabupaten Karanganyar meraih penghargaan Kawastara Pawitra dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang diterima langsung Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memberikan secara langsung kepada Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Sabtu (15/10) di Surakarta.

Kawastara Pawitra merupakan penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah daerah dan yayasan yang dianggap peduli terhadap program pelatihan Kepala Sekolah.Untuk tahun 2016, penghargaan itu diberikan kepada 113 penerima di seluruh Indonesia.

Di tempat sama, Ketua Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Siswandari, mengatakan Kawastara Pawitra sendiri berasal dari bahasa sansekerta yang memiliki makna, ‘Kawastara’ berarti ‘terlihat’ sedangkan ‘Pawitra’ berarti ‘jernih’ atau ‘suci’.

“Jadi dalam hal ini seleksi Kepala Sekolah yang merupakan ruh Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS) terlihat keobjektivitasnya, jernih dalam melihat, bersih dalam memilih,” kata Siswandari.

Selain itu, Siswandari juga mengatakan hampir tujuh tahun ini sudah sekitar 700 kali PPCKS diimplementasikan pada 334 atau sekitar 65 persen kabupaten/kota.

“Itu artinya setiap minggu ada sekitar tiga kegiatan penyiapan calon kepala sekolah di negara kita, dimana kegiatan tersebut melibatkan lebih dari 800 asesor dan lebih dari 500 master trainer,” katanya.

Sampai saat ini, LPPKS Indonesia terus melakukan berbagai koordinasi dengan semua pihak terkait dengan tetap mengharmoniskan langkah. Hal itu agar cita-cita untuk melahirkan Kepala Sekolah sebagai pemimpin masa kini dan masa depannya berjiwa wirausaha dan profesional benar-benar terwujud.pd