Jumbara PMR, Didik Relawan Sejak Dini

Bupati Karanganyar, Juliyatmono (bertopi, kiri), Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak, dan Kasdim 0727/Karanganyar  Mayor Inf Oktavian Englana Partadimaja, saat berkeliling meninjau kemah Jumbara PMR Kabupaten Karanganyar, Kamis (13/10) di Lapangan Jumapolo.
Bupati Karanganyar, Juliyatmono (bertopi, kiri), Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak (tengah), dan Kasdim 0727/Karanganyar Mayor Inf Oktavian Englana Partadimaja (kanan), saat berkeliling meninjau kemah Jumbara PMR Kabupaten Karanganyar, Kamis (13/10) di Lapangan Jumapolo.

Karanganyar, Kamis (13/10/2016)

Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Karanganyar mengadakan Jumpa Bhakti dan  Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) tahun 2016, dengan diisi berbagai macam kegiatan, untuk melatih relawan sejak dini.

“Rasa kemanusiaan ditumbuhkan sejak dini, semangat menolong sesama tanpa memandang latar belakang, suku, agama, ras, dan etnis,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Kamis (13/10) saat pembukaan Jumbara PMR ke XI Tingkat Kabupaten Karanganyar, di Lapangan Desa Jumapolo.

Bupati juga mengharapkan agar PMR mempunyai semangat jiwa menolong yang tinggi, jika melihat ada kecelakaan maka segera beri pertolongan dan lapor ke pihak berwajib.

“Dimanapun kita berada pengabdian itu harus dilakukan bahkan alangkah baiknya dilakukan sejak dini, karena untuk menumbuhkan rasa kemanusiaan,” kata Bupati.

Ditempat yang sama, Kepala PMI Kabupaten Karanganyar, Timotius Suryadi mengatakan,  Jumbara tahun ini diadakan selama tiga hari, dibuka pada Kamis (13/10) dan acara penutupan pada Sabtu (15/10).

“Kami mengharapkan hasil dari peningkatan kapasitas Organisasi PMI Kabupaten Karanganyar, dan pelaksanaan Tri Bakti PMR,” kata Timotius Suryadi.

Target peserta diikuti sebanyak 80 unit PMR yang terdiri dari Mula (SD/MI) sebanyak 20 unit, Madya (SMP/MTs) sebanyak 30 unit, dan Wira (SMA/SMK) sebanyak 30 unit se Kabupaten Karanganyar, dan masing-masing mengirimkan 20 anggota PMR.

Selama kegiatan terbagi dalam tiga kategori, yaitu Jumpa, Konferensi PMR, anjangsana, disiminator cilik, sarasehan, life skill station, kontingen favorit. Kategori Bakti terdiri dari sosial, travelling kepalangmerahan, penyuluhan kesehatan, pemanfaatan limbah, cerdas tangkas, story telling, dan artikel. Sedangkan kategori Gembira yakni kreasi remaja, paduan suara, galeri karya dan infokom, Karanganyar Mencari Bakat (KMB), dan Olahraga Persahabatan.pd