Wujudkan Transparansi Anggaran, Pemkab Adakan Pelatihan Siskeudes

Dishubkominfo

Laporan dari Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah, di Hotel Pondok Asri Tawangmangu, Senin (10/10/2016)

Dalam rangka mendorong terwujudnya pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif sebagaimana amanat UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, khususnya Pengelolaan Keuangan Desa. Pemkab Karanganyar bekerjasama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mengadakan pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) selama empat hari yang dimulai hari ini, Senin (10/10/2016) di Hotel Asri, Tawangmangu. Kegiatan pelatihan diikuti 178 peserta terdiri dari admin Kabupaten, Kecamatan dan Desa yang dibagi menjadi dua angkatan.

Dalam arahanya sekaligus membuka pelatihan Bintek (Bimbingan Teknologi) Pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) se Kabupaten Karanganyar, Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo menekankan pentingnya pelatihan Siskeudes yakni agar Pemkab mudah dalam menyusun anggaran, membuat transparansi anggaran tertib sehingga dalam penggunaan alokasi dana semakin terbuka untuk masyarakat dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan pemerintah desa/daerah terpapar dengan jelas.

Dishubkominfo

Sambutan Wakil Bupati Rohadi Widodo, dalam Pelatihan Siskeudes se Kab. Karanganyar

“Dengan pelatihan Siskeudes yang diadakan pagi sampai malam selama empat hari, peserta bisa betul-betul mengaplikasikan. Akhir tahun ini Pemkab akan meluncurkan aplikasi komando center dengan nama “Komando Samber Nyawa”, yang bekerja sama dengan telkom yang telah terkoneksi 177 desa/kalurahan sehingga informasi tersebut bisa diakses oleh siapapun secara detail “, Ujar Wakil Bupati Karanganyar.

Sementara itu dalam laporannya, Asisten Pemerintah Sekretaris Daerah Nunung Susanto menjelaskan tujuan Bintek Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan teknis Perangkat Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa yang meliputi perencanaan, penganggaran, penatausahaan dan pembukuan dengan menggunakan Aplikasi Siskeudes.

Aplikasi Siskeudes adalah suatu aplikasi yang disusun dan dikembangkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan oleh Kementerian Dalam Negeri sebagai pelaksanaan Permendagri No. 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Dishubkominfo (ind/ad/vvi)