Ketua Kwarcab Buka Karya Bhuana Binwil Surakarta ke VIII

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Karanganyar, Samsi, saat bersalaman dengan salah satu peserta pramuka Bina Wilayah, Jumat (07/10)
Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Karanganyar, Samsi, saat bersalaman dengan salah satu peserta pada pembukaan Karya Buana Bina Wilayah Surakarta ke VIII, Jumat (07/10).

Karanganyar, Jumat (07/10/2016)

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Karanganyar, Samsi, membuka secara resmi Karya Bhuana Bina Wilayah (Binwil) Surakarta ke VIII, di Bumi Perkemahan Al-Amin, Dusun Tambak, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Jumat (07/10) pagi.

Karya Bhuana Binwil Surakarta merupakan wahana pertemuan pramuka penegak dan pandega se-Binwil Surakarta yang bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan antar anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega Se- Binwil Surakarta.

Kegiatan gerakan pramuka tersebut diselengarakan selama tiga hari, dimulai dari Jumat-Minggu (07-09/10) dan menginap di rumah penduduk sekitar. Sedangkan peserta berasal dari perwakilan se-Binwil Surakarta, masing-masing terdiri delapan orang putra dan delapan orang putri, dengan jumlah peserta 112 orang peserta, tujuh pimpinan kontingen (pimkon), dan tujuh pendamping, dengan jumlah keseluruhan 126 orang.

Selama kegiatan, terdapat delapan macam kegiatan antara lain, giat umum, rutin, prestasi,  persaudaraan, wawasan, ketrampilan, bakti dan wisata.

Dalam sambutannya, Ketua Kwarcab Kabupaten Karanganyar, Samsi, mengatakan pola pembinaan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega adalah menyiapkan anggota pramuka untuk menjadi seorang pemimpin sekaligus sebagai kader penerus pembangunan, baik dalam lingkup Gerakan Pramuka itu sendiri maupun dalam lingkungan masyarakat.

“Melalui beberapa wadah pembinaan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, diharapkan mampu membentuk kader penerus pembangunan yaitu dengan membekali anggota muda dengan pengetahuan dan keterampilan potensial yang selaras dengan kebutuhan masyarakat di era sekarang,” ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar itu juga mengatakan pola pembinaan tersebut diarahkan pada peningkatan keterampilan kepemimpinan dalam bentuk kegiatan Tri Bina, yang meliputi Bina Diri, Bina Satuan dan Bina Masyarakat.

Pada acara pembukaan tampak hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar, Mustain Ahmad, dan Ketua Kwarcab se Binwil Surakarta.pd