Aksi Peringatan Hari Tani Tahun 2016

Pementasan teater Sekolah Tani Digdaya Muda, Desa Pendem, menceritakan bahan kimia dan organik. Bahaya yang ditimbulkan oleh bahan dari kimia dan manfaat dari bahan organik.
Pementasan teater Sekolah Tani Digdaya Muda, Desa Pendem, menceritakan bahan kimia dan organik. Bahaya yang ditimbulkan oleh bahan dari kimia dan manfaat dari bahan organik.

Karanganyar, Minggu (25/09/2016)

Hari Tani Tahun 2016 di Kabupaten Karanganyar diperingati dengan cukup meriah, bahkan berlangsung selama empat hari berturut-turut, dengan mempertontonkan berbagai seni budaya lokal.

Ketua Panitia Hari Tani Desa Pendem Tahun 2016, Ponco Yulianto mengatakan, peringatan ini berlangsung selama empat hari berturut-turut, dimulai dari 22-25 September 2016, di Dusun Mranggen, Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang.

“Ada Festival Budaya Lokal Desa Pendem, Festival Dolanan Anak, pentas Ketoprak, teater, geguritan, sarasehan monolog, dan pagelaran reog ponorogo,” kata Ponco Yulianto, Jumat (23/09) malam saat di jumpai di lokasi acara.

Tahun ini, lanjut Ketua Panitia, peringatan itu mengambil tema “Jagad Tala”, atau Rumah Lebah,  karena banyak filosofi lebah yang diambil manfaatnya.

“Kami mengambil tema ini agar masyarakat mempunyai semangat kebersamaan, saling bekerjasama, dan lebah juga menghasilkan madu yang banyak diambil manfaatnya,” katanya.

Selain itu, pada pementasan teater Sekolah Tani Digdaya Muda, Desa Pendem, menceritakan bahan kimia dan organik. Bahaya yang ditimbulkan oleh bahan dari kimia dan manfaat dari bahan organik.

“Pentas itu sebagai hiburan tontonan dan menjadi tuntutan masyarakat setempat, dalam hal keunggulan pertanian organik,” katanya.

Ditempat yang sama, Bupati Karanganyar Juliyatmono didampingi Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo menyampaikan harapan sektor pertanian di Kabupaten Karanganyar semakin maju.

“Di Kabupaten Karanganyar ada empat Kecamatan yang sebagian tanah pertanian memakai sistem organik, yakni Mojogedang, Matesih, Karangpandan, dan Jenawi. Hasilnya lebih bagus dan mahal,” katanya.pd