45 Orang Ikuti Operasi Katarak Gratis

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar, Samsi saat menyemangati peserta operasi katarak gratis, Minggu (25/09) di RSUD Kabupaten Karanganyar
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar, Samsi saat menyemangati peserta operasi katarak gratis, Minggu (25/09) di RSUD Kabupaten Karanganyar

Karanganyar, Minggu (25/09/2016)

Sebanyak 45 orang dari berbagai kecamatan di Kabupaten Karanganyar mengikuti operasi katarak gratis, yang di selenggarakan Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Minggu (25/09) di RSUD Kabupaten Karanganyar.

Direktur RSUD Kabupaten Karanganyar, Mariyadi, mengatakan, operasi ini gratis kerjasama dengan (Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia) Perdami Cabang Yogyakarta.

“Penderita katarak bisanya diatas usia 50 tahun, jika dibawah itu bisa disebabkan berbagai macam, seperti diabetes. Lensa mata mengalami kekeruhan,” kata Mariyadi.

Dia juga menjelaskan, tahapan untuk operasi dimulai dari Puskesmas setempat, disitu dipilah apakah menderita penyakit mata katarak atau tidak. Kemudian, jika pasien menderita katarak, maka disarankan untuk operasi di RSUD Kabupaten Karanganyar.

“Disini masih di periksa ulang, apakah bisa di operasi. Bisa saja tensi darahnya naik, maka tidak bisa dilakukan penanganan lebih lanjut,” katanya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar, Samsi, saat membuka acara mengatakan, penyelenggaraan ini sebagai salah satu kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar bagi warga.

“Ini sebagai program kepedulian kepada masyarakat, hari ini di fasilitasi pengobatan gratis. Kami juga mensarankan agar tidak takut, biasa saja, agar tensi darah tidak naik, dan bisa dioperasi,” katanya.

Pada operasi katarak ini, disediakan tujuh tempat tidur operasi, dan pelaksanaannya satu orang bisa sekitar 30 menit. pd