Lomba PKK Jawa Tengah : Tiga Nominasi Diikuti Karanganyar

Karanganyar, Kamis (15/09/2016)

Tim Pengerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten pada tahun 2016 ini mengikuti lomba PKK tingkat Jawa Tengah. Bahkan masuk dalam tiga nominasi sekaligus, yakni Posyandu, Lingkungan Bersih Sehat (LBS) dan Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS).

Tim Penilaian Provinsi Jawa Tengah mendatangi tiga lokasi yang menjadi nominasi. Lomba Posyandu Ngudi Sehat di RW 24, Dukuh Gunungsari, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, lomba LBS di Desa Jati, Kecamatan Jaten, dan lomba PHBS di Desa Dayu, Kecamatan Karangpandan.

Rombongan Tim Penilai diterima langsung Bupati Karanganyar, Juliyatmono dan Ketua TP PKK Kabupaten Karanganyar, Siti Khomsiah Juliyatmono dan beberapa kepala SKPD, Rabu (14/09) di Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

Ketua TP PKK Provinsi Jawa Tengah, Siti Atikoh Ganjar Pranowo mengatakan yang diikuti TP PKK Kabupaten Karanganyar sangat menarik, karena tiga nominasi masuk dalam lomba. Hal itu yang membuatnya sangat mengapresiasai dan mendatangi langsung ke  masing-masing lokasi.

“Ini sebagai indikator kolaborasi PKK, Pemkab dan DPRD. Karena PKK tidak bisa sendiri, namun harus di dukung dari berbagai pihak, karena sasaran kita adalah rumah tangga,” kata Siti Atikoh Ganjar Pranowo.

Dia mencontohkan di Posyandu diarahkan menjadi holistik integratif. Pola asuh anak muaranya ada di Posyandu, dan juga edukasi bagi ibu hamil dengan memberikan nutrisi.

“Pola asuh juga lewat bina keluarga balita bisa mengedukasi ibu, bina keluarga remaja membentuk ketahanan keluarga dan menangkal pengaruh negarif,” katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Karanganyar mengatakan dimasing-masing nominasi mempunyai berbagai unggulan.

“Sudah ada desa siaga aktif, komitmen masyarakat untuk tidak merokok di hari jumat, partisipasi masyarakat tinggi, ada gerakan pelestarian lingkungan oleh masyarakat,  gerakan budaya menabung, dan Pos Binaan Terpadu (Posbindu),” katanya.pd