13.321 Hewan Kurban Disembelih

Penyembelihan hewan kurban di Kabupaten Karanganyar pada tahun 2016 ini diperkirakan mencapai 13.321 ekor, yang terdiri dari sapi sebanyak 4.321 ekor, dan kambing sebanyak 9.000 an ekor
Penyembelihan hewan kurban di Kabupaten Karanganyar pada tahun 2016 ini diperkirakan mencapai 13.321 ekor, yang terdiri dari sapi sebanyak 4.321 ekor, dan kambing sebanyak 9.000 an ekor

Karanganyar, Selasa (13/09/2016)

Penyembelihan hewan kurban di Kabupaten Karanganyar pada tahun 2016 ini diperkirakan mencapai 13.321 ekor, yang terdiri dari sapi sebanyak 4.321 ekor, dan kambing sebanyak 9.000 an ekor. Meningkat dibandingkan pada tahun 2015.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Karanganyar, Musta’in Ahmad, Senin (12/09) disela-sela penyembelihan hewan kurban di halaman belakang Masjid Agung Karanganyar.

“Untuk tahun ini meningkat daripada tahun lalu, ini pertanda bagus dari masyarakat,” kata Mustain Ahmad.

Ditempat yang sama, Penyelenggara Syariah, Kemenag Karanganyar, Yusuf Iksanu Irham, mengatakan tentang cara distribusi daging hewan kurban melalui proposal.

“Daging hewan kurban didistribusikan kepada masyarakat yang telah memberikan proposal kepada panitia, tidak melayani perorangan. Hal itu untuk menghindari keributan,” kata Yusuf Iksanu Irham.

Acara penyembelihan hewan kurban dilakukan oleh Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo. Dia menyembelih sapi dari Bupati Karanganyar, Juliyatmono. Sedangkan sapi dari Wakil Bupati disembelih oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar, Samsi. Sementara itu, Bupati Karanganyar mengikuti Shalat Idhul Adha di Lapangan Gawanan, Kecamatan Colomadu, bersama rombongan.

Usai penyembelihan di Masjid Agung, dilakukan pemeriksaan daging sapi dan kambing oleh Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Karanganyar. Hasilnya daging kurban  dalam keadaan sehat dan layak konsumsi.

Sedangkan pelaksanaan Shalat Idhul Adha di Alun-alun Kabupaten Karanganyar, diikuti ribuan umat muslim dengan khusyuk.pd