PENINGKATAN TOLERANSI DAN KERUKUNAN DALAM KEHIDUPAN BERAGAMA

Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo saat menyampaikan sambutan dalam acara “Peningkatan Toleransi Dan Kerukunan Dalam Kehidupan Beragama” di Hotel Taman Sari Karanganyar Rabu pagi (31/08)

Dalam rangka meningkatkan kerukunan umat beragama guna menjaga persatuan dan kesatuan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL) Karanganyar menyelenggarakan peningkatan toleransi kerukunan umat beragama Kabupaten Karanganyar tahun 2016 di Hotel Taman Sari Karanganyar, Rabu (31/ 08).

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Karanganyar, FORKOMPINDA Karanganyar, Kepala KESBANGPOL, SKPD,  Ketua FKUB serta diikuti Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Dewan Penasihat FKUB dan Organisasi Keagamaan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan dan menjaga toleransi beragama dengan mempertinggi rasa saling menghormati antar umat beragama sejalan dengan konsep universal kemanusiaan, menghindari eksklusifisme agama, meningkatkan pemahaman wawasan kebangsaan dan pemantapan Pancasila sebagai landasan hidup.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo menyampaikan bahwa kerukunan umat beragama adalah keadaan hubungan sesama umat beragama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengalaman ajaran agamanya dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Pemerintah mempunyai tugas untuk memberikan bimbingan dan pelayanan agar setiap penduduk dalam melaksanakan ajaran agamanya dapat berlangsung dengan rukun, lancar dan tertib. Arah kebijakan Pemerintah dalam pembangunan nasional di bidang agama antara lain peningkatan kualitas pelayanan dan pemahaman agama, kehidupan beragama, serta peningkatan kerukunan intern dan antar umat beragama.

Demikian Dishubkominfo (ft)