Tim WTN Paparkan Hasil Penilaian

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menerima rekomendasi dari Tim Penilai WTN tahun 2016 oleh Ketua Tim Penilai, Sugianto

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menerima rekomendasi dari Tim Penilai WTN tahun 2016 oleh Ketua Tim Penilai, Sugianto

Karanganyar, Kamis (25/08/2016)

Tim Penilai Lapangan Wahana Tata Nugraha (WTN) Tahun 2016 dari Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah memaparkan hasil penilaian di Kabupaten Karanganyar, Kamis (25/08) di Ruang Anthorium. Sehari sebelumnya, telah dilakukan penilaian di sejumlah ruas jalan.

Ketua Tim Penilai Lapangan WTN, Sugianto mengatakan  latar belakang dari penilaian ini untuk membangun dan mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan serta untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan dan kinerja operasional sistem transportasi perkotaan.

Penghargaan WTN diberikan untuk meningkatkan penyelenggaraan transportasi di kawasan perkotaan yang handal, berkelanjutan dan menjamin kesamaan hak pengguna jalan serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam  disiplin berlalu lintas sehingga dapat menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas.

“Di Jawa Tengah, terdapat 26 Kabupaten/Kota pada tahun 2016 ini yang dinilai oleh tim WTN,” kata Sugianto.

Dari hasil penilaian yang dipaparkan di hadapan Bupati Karanganyar, Juliyatmono, Forkopimda Kabupaten Karanganyar, Kepala SKPD terkait, Kasatlantas Polres Karanganyar, AKP Suryo Wibowo, dan tamu undangan lainnya, didapati secara umum di Kabupaten Karanganyar ternyata sudah baik.

“Sarana angkutan umum sudah baik,  misalkan saja kondisi fisik kendaraan cukup baik, sudah dilengkapi dengan nama trayek pada bagian kaca depan dan kaca belakang,  sudah dilengkapi dengan papan tarif pada pintu mobil,” kata Sugianto.

Ruang Milik Jalan (Rumija) dan permukaan jalan juga sudah baik agar dipertahankan, termasuk juga kondisi trotoar dan kelandaian cukup baik, dan telah di lengkapi fasilitas bagi disabilitas.

Di terminal Tegalgede, dilengkapi dengan jalur kedatangan dan jalur keberangkatan, ruang tunggu penumpang dan Papan Informasi Trayek.

Selain itu, tim menyoroti zebra cross dan marka yang sudah mulai memudar. Untuk itu disarankan melakukan perawatan rutin dan penambahan marka jalan termasuk fasilitas penyebrangan jalan. “Namun secara umum kondisi marka di Jalan Lawu, jalan RM Said, dan jalan Kapten Mulyadi cukup baik,” katanya.

Untuk rambu jalan, jumlah rambu sudah mencukupi, sudah dilengkapi stiker logo Perhubungan, ukuran dan ketinggian rambu sudah sesuai ketentuan.

Bupati Karanganyar ditempat yang sama mengatakan Pemerintah Kabupaten Karanganyar berkomitmen untuk menciptakan sarana dan prasarana bidang perhubungan yang nyaman dan aman bagi pengguna jalan.

“Saat ini tengah dibangun perluasan jalan dari Papahan dan Simpang Empat Pegadaian. Kemudian akan diteruskan hingga Simpang Bejen. Nantinya dilengkapi CCTV dan rambu lalu lintas. Jalan itu diberi nama Jalan Beradab. Pengguna jalan agar benar-benar mematuhi peraturan dan tertib lalu lintas,” katanya.pd